Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Hasil Belajar Penyajian Data Kelas V SDN Gugus I Koto Baru Dharmasraya

Alfiansyah, Hadif (2023) Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Hasil Belajar Penyajian Data Kelas V SDN Gugus I Koto Baru Dharmasraya. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_Hadif_Alfiansyah_18129114_3389_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pembelajaran yang belum menggunakan model pembelajaran inovatif sehingga peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran, belum maksimalnya kerja sama antar peserta didik dalam memahami materi pembelajaran. Hal ini mengakibatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran matematika masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realisitk Indonesia (PMRI) terhadap hasil belajar peserta didik pada materi penajian data di kelas V Gugus I Kecamatan Koto Baru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu quasi ekperimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V Gugus I Kecamatan Koto Baru. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sehingga didapatkan kelas V A sebagai kelas eksperimen dan kelas V B sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata posstest di kelas eksperiment lebih tinggi yaitu sebesar 86 dibandingkan kelas kontrol sebesar 63,3. Setelah dilakukan pengujian hipotesis diperoleh t hitung = 5,202 sedangkan t tabel pada taraf signifikan 0,05 adalah 2,014. Dengan demikian H 0 ditolak dan H 1 diterima, karena t hitung > t tabel , sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran Pendidikan Matematika Realisitk Indonesia (PMRI) terhadap hasil belajar penyajian data di kelas V Gugus I Kecamatan Koto Baru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNingsih, YarisdaUNSPECIFIED
CorrectorMasniladevi, MasniladeviUNSPECIFIED
CorrectorAnita, YesiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 18 Jul 2023 03:10
Last Modified: 18 Jul 2023 03:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45071

Actions (login required)

View Item View Item