Alfiansyah, Hadif
(2023)
Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika
Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Hasil Belajar Penyajian Data Kelas V
SDN Gugus I Koto Baru Dharmasraya.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi pembelajaran yang belum menggunakan
model pembelajaran inovatif sehingga peserta didik kurang aktif dalam
pembelajaran, belum maksimalnya kerja sama antar peserta didik dalam memahami
materi pembelajaran. Hal ini mengakibatkan hasil belajar peserta didik pada
pembelajaran matematika masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat
pengaruh Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realisitk Indonesia
(PMRI) terhadap hasil belajar peserta didik pada materi penajian data di kelas V
Gugus I Kecamatan Koto Baru.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu quasi ekperimental
design dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini
adalah seluruh peserta didik kelas V Gugus I Kecamatan Koto Baru. Pengambilan
sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sehingga didapatkan kelas V
A sebagai kelas eksperimen dan kelas V B sebagai kelas kontrol.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata posstest di kelas
eksperiment lebih tinggi yaitu sebesar 86 dibandingkan kelas kontrol sebesar 63,3.
Setelah dilakukan pengujian hipotesis diperoleh t
hitung
=
5,202 sedangkan t
tabel
pada
taraf signifikan 0,05 adalah 2,014. Dengan demikian H
0
ditolak dan H
1
diterima,
karena t
hitung
> t
tabel
, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang
signifikan dari penggunaan model pembelajaran Pendidikan Matematika Realisitk
Indonesia (PMRI) terhadap hasil belajar penyajian data di kelas V Gugus I
Kecamatan Koto Baru.
Actions (login required)
|
View Item |