Aflah, Huzaifah
(2023)
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada
Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe
Example Non Example Di Kelas V SDN 24 Guguak Tinggi Kabupaten Agam.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang optimalnya pelaksanaan
pembelajaran tematik terpadu yang dilakukan oleh pendidik, sehingga berdampak
pada rendahya hasil belajar peserta didik di kelas V SD Negeri 24 Guguak Tinggi
Kabupaten Agam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan
hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dengan model
cooperative learning tipe Example Non Example kelas V SD Negeri 24 Guguak
Tinggi Kabupaten Agam.
Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
menggunakan pendekatakan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua
siklus, yaitu siklus 1 dilaksanakan 2 kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan 1
kali pertemuan. Di setiap siklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah pendidik dan
peserta didik dikelas V SD Negeri 24 Guguak Tinggi Kabupaten Agam dengan
jumlah 20 orang peserta didik.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: a) RPP siklus I dengan ratarata
85,57%
(baik)
dan
siklus
II
96,15%
(sangat
baik),
b)
Pelaksanaan
pada
aspek
pendidik
siklus
I
dengan
rata-rata
85%
(baik)
dan
siklus
II
92,50%
(sangat baik),
sedangkan pelaksanaan pada aspek peserta didik siklus I dengan rata-rata 85%
(baik) dan siklus II 92,5% (sangat baik), c) Penilaian terhadap peserta didik dalam
peningkatan hasil belajar pada siklus I diperoleh dengan rata-rata 76,57 (D) dan
siklus II diperoleh dengan 85,83 (B). Berdasarkan hasil tersebut dapat
disimpulkan bahwa dengan model cooperative learning tipe Example Non
Example dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran
tematik terpadu.
Actions (login required)
|
View Item |