Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Example Non Example Di Kelas V SDN 24 Guguak Tinggi Kabupaten Agam

Aflah, Huzaifah (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Example Non Example Di Kelas V SDN 24 Guguak Tinggi Kabupaten Agam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_Huzaifah_Aflah_19129232_4260_2023.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang optimalnya pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu yang dilakukan oleh pendidik, sehingga berdampak pada rendahya hasil belajar peserta didik di kelas V SD Negeri 24 Guguak Tinggi Kabupaten Agam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dengan model cooperative learning tipe Example Non Example kelas V SD Negeri 24 Guguak Tinggi Kabupaten Agam. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan pendekatakan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus 1 dilaksanakan 2 kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan 1 kali pertemuan. Di setiap siklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah pendidik dan peserta didik dikelas V SD Negeri 24 Guguak Tinggi Kabupaten Agam dengan jumlah 20 orang peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: a) RPP siklus I dengan ratarata 85,57% (baik) dan siklus II 96,15% (sangat baik), b) Pelaksanaan pada aspek pendidik siklus I dengan rata-rata 85% (baik) dan siklus II 92,50% (sangat baik), sedangkan pelaksanaan pada aspek peserta didik siklus I dengan rata-rata 85% (baik) dan siklus II 92,5% (sangat baik), c) Penilaian terhadap peserta didik dalam peningkatan hasil belajar pada siklus I diperoleh dengan rata-rata 76,57 (D) dan siklus II diperoleh dengan 85,83 (B). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model cooperative learning tipe Example Non Example dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZuryanty, ZuryantyUNSPECIFIED
CorrectorIndrawati, TinUNSPECIFIED
CorrectorAnita, YesiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 17 Jul 2023 03:40
Last Modified: 17 Jul 2023 03:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44932

Actions (login required)

View Item View Item