Hubungan Locus of Control dengan Kematangan Karier pada Siswa dengan Hasil Belajar Rendah

Millenia, Millenia (2023) Hubungan Locus of Control dengan Kematangan Karier pada Siswa dengan Hasil Belajar Rendah. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_Millenia_18006040_120_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Kematangan karier dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya locus of control atau pusat kendali. Apabila siswa memiliki locus of control internal yang tinggi, maka siswa akan merasa yakin akan kemampuan dan usaha yang dilakukannya. Kenyataannya masih ada siswa yang kurang yakin dengan kemampuan dan usaha yang dilakukannya dan lebih mempercayai nasib dan bantuan orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) locus of control pada siswa dengan hasil belajar rendah, (2) kematangan karier pada siswa dengan hasil belajar rendah, dan (3) hubungan antara locus of control dengan kematangan karier pada siswa dengan hasil belajar rendah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-korelasional. Subjek penelitian berjumlah 74 orang siswa dengan hasil belajar rendah di SMK Negeri 3 Tebo. Instrumen penelitian yang digunakan adalah inventori locus of control dan angket kematangan karier. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik persentase dan untuk melihat hubungan locus of control dan kematangan karier data diolah dengan menggunakan analisis Pearson Product Moment Correlation. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) banyak (47,24%) siswa dengan hasil belajar rendah memiliki locus of control internal, yang berarti banyak siswa dengan hasil belajar rendah lebih percaya pada kemampuan yang mereka miliki dan upaya yang mereka lakukan, (2) rata-rata skor capaian kematangan karier siswa dengan hasil belajar rendah adalah 152,8 (67,91%) yang tergolong tinggi, dan (3) terdapat hubungan antara locus of control dengan kematangan karier pada siswa dengan hasil belajar rendah dengan koefisien korelasi sebesar -0,311 yang tergolong lemah dan pada taraf kepercayaan 95%. Artinya semakin tinggi locus of control siswa dengan hasil belajar rendah maka semakin rendah kematangan karier siswa. Berdasarkan temuan penelitian ini, disarankan: (1) guru BK, untuk merencanakan, menyusun dan mengembangkan program BK terkait peningkatan kematangan karier siswa dan locus of control internal siswa, dan (2) peneliti selanjutnya disarankan meneliti kematangan karier dengan konsep diri, jenis kelamin, dan latar belakang budaya dengan subjek penelitian pada siswa SMA yang memiliki hasil belajar tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorTaufik, TaufikUNSPECIFIED
CorrectorSukma, DinaUNSPECIFIED
CorrectorYendi, Frischa MeivilonaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 13 Jul 2023 03:09
Last Modified: 13 Jul 2023 03:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44839

Actions (login required)

View Item View Item