Fadhilla, Khairana
(2023)
Peningkatan Hasil Belajar pada
Pembelajaran Tematik Terpadu
menggunakan Model Flipped Classroom di
kelas V SDN 176/IV Kota Jambi.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang kurang bervariasi
dalam menggunakan model pembelajaran. Guru kurang melibatkan keaktifan
peserta didik Sehingga terhadap permasalahan ini dilakukan penelitian dengan
menggunakan model Flipped Classroom. Tujuan penelitian ini adalah
mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran
tematik dengan menggunakan model Flipped Classroom kelas V SD 176/IV Kota
Jambi.
Penelitan ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang
dilaksanakan di SDN 176/IV Kota Jambi dengan menggunakan pendekatan
kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik kelas V
SDN 176/IV Kota Jambi. Penelitian dilaksanakan dua siklus. Prosedur penelitian
meliputi, (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Data
penelitian berupa proses dan hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan
aspek guru, peserta didik, dan hasil belajar peserta didik.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada : a). RPP siklus I
diperoleh rata-rata 81% (B), meningkat pada siklus II 97% dengan kualifikasi
amat baik (A) b). pelaksana pada aspek guru siklus I diperoleh rata-rata 78,5 %
(C), meningkat pada siklus II 93% dengan kualifikasi amat baik (A) c). pelaksana
pada aspek peserta didik siklus I diperoleh rata-rata 78,5 % (C), meningkat pada
siklus II 93% dengan kualifikasi amat baik (A) d). penilaian hasil belajar peserta
didik, pada siklus I rata-ratanya yaitu 74, lalu meningkat pada siklus II menjadi 90
dengan kualifikasi amat baik (A). Dengan demikian, model Flipped Classroom
dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri 176/IV Kota
Jambi.
Actions (login required)
|
View Item |