Peningkatan Hasil Belajar pada Pembelajaran Tematik Terpadu menggunakan Model Flipped Classroom di kelas V SDN 176/IV Kota Jambi

Fadhilla, Khairana (2023) Peningkatan Hasil Belajar pada Pembelajaran Tematik Terpadu menggunakan Model Flipped Classroom di kelas V SDN 176/IV Kota Jambi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_KHAIRANA_FADHILLA_18129120_2744_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang kurang bervariasi dalam menggunakan model pembelajaran. Guru kurang melibatkan keaktifan peserta didik Sehingga terhadap permasalahan ini dilakukan penelitian dengan menggunakan model Flipped Classroom. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik dengan menggunakan model Flipped Classroom kelas V SD 176/IV Kota Jambi. Penelitan ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN 176/IV Kota Jambi dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik kelas V SDN 176/IV Kota Jambi. Penelitian dilaksanakan dua siklus. Prosedur penelitian meliputi, (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Data penelitian berupa proses dan hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan aspek guru, peserta didik, dan hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada : a). RPP siklus I diperoleh rata-rata 81% (B), meningkat pada siklus II 97% dengan kualifikasi amat baik (A) b). pelaksana pada aspek guru siklus I diperoleh rata-rata 78,5 % (C), meningkat pada siklus II 93% dengan kualifikasi amat baik (A) c). pelaksana pada aspek peserta didik siklus I diperoleh rata-rata 78,5 % (C), meningkat pada siklus II 93% dengan kualifikasi amat baik (A) d). penilaian hasil belajar peserta didik, pada siklus I rata-ratanya yaitu 74, lalu meningkat pada siklus II menjadi 90 dengan kualifikasi amat baik (A). Dengan demikian, model Flipped Classroom dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri 176/IV Kota Jambi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorReinita, ReinitaUNSPECIFIED
CorrectorSukma, ElfiaUNSPECIFIED
CorrectorWaldi, AtriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 13 Jul 2023 03:08
Last Modified: 13 Jul 2023 03:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44837

Actions (login required)

View Item View Item