Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas IV SDN 84 Rimbo Bujang

Sandi, Kurniawan (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas IV SDN 84 Rimbo Bujang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_KURNIAWAN_SANDI_18129343_149_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik yang masih rendah, proses pembelajaran masih berpusat kepada guru serta peserta didik masih kurang aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan model problem based learning di kelas IV SDN 84 Rimbo Bujang. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pada pelaksanaannya, penelitian terdiri dari dua siklus. Prosedur penelitian yaitu: a) Perencanaan, b) Pelaksanaan, c) Pengamatan, dan d) Refleksi. Penlitian dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2021/2022. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN SDN 84 Rimbo Bujang, dengan jumlah 22 siswa. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan observasi, tes, dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hasil pengamatan RPP pada siklus I memperoleh nilai dengan rata-rata 81,25 % dengan kualifikasi (B), kemudian meningkat pada siklus II 96,87 % dengan kualifikasi (SB). Penilaian aspek guru siklus I memperoleh nilai rata-rata 89,28% (B), meningkat pada siklus II 96,42 % dengan kualifikasi (SB). Penilaian aspek peserta didik pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 91,06 (B), meningkat pada siklus II 96,42 % dengan kualifikasi (SB). Penilaian aspek sikap siklus I dikatogorikan (Baik) dan siklus II dikategorikan (Sangat Baik). Hasil belajar peserta didik pada siklus I pertemuan I memperoleh nilai rata-rata 77,58, pada siklus I pertemuan II memperoleh nilai rata-rata 81,07 pada siklus II dengan nilai rata-rata 88,19 Dapat disimpulkan pada penelitian bahwa model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu dikelas IV SDN 84 Rimbo Bujang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIndrawati, TinUNSPECIFIED
CorrectorErita, YeniUNSPECIFIED
CorrectorZuryanty, ZuryantyUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 13 Jul 2023 03:08
Last Modified: 13 Jul 2023 03:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44836

Actions (login required)

View Item View Item