Sandi, Kurniawan
(2023)
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada
Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem
Based Learning (PBL) di Kelas IV SDN 84 Rimbo Bujang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik yang
masih rendah, proses pembelajaran masih berpusat kepada guru serta peserta
didik masih kurang aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan model problem based
learning di kelas IV SDN 84 Rimbo Bujang.
Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pada pelaksanaannya,
penelitian terdiri dari dua siklus. Prosedur penelitian yaitu: a) Perencanaan,
b) Pelaksanaan, c) Pengamatan, dan d) Refleksi. Penlitian dilaksanakan pada
semester II tahun ajaran 2021/2022. Subjek penelitian adalah guru dan siswa
kelas IV SDN SDN 84 Rimbo Bujang, dengan jumlah 22 siswa. Data
penelitian diperoleh dengan menggunakan observasi, tes, dan non tes.
Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan dari siklus I ke siklus
II. Hasil pengamatan RPP pada siklus I memperoleh nilai dengan rata-rata
81,25 % dengan kualifikasi (B), kemudian meningkat pada siklus II 96,87 %
dengan kualifikasi (SB). Penilaian aspek guru siklus I memperoleh nilai
rata-rata 89,28% (B), meningkat pada siklus II 96,42 % dengan kualifikasi
(SB). Penilaian aspek peserta didik pada siklus I memperoleh nilai rata-rata
91,06 (B), meningkat pada siklus II 96,42 % dengan kualifikasi (SB).
Penilaian aspek sikap siklus I dikatogorikan (Baik) dan siklus II
dikategorikan (Sangat Baik). Hasil belajar peserta didik pada siklus I
pertemuan I memperoleh nilai rata-rata 77,58, pada siklus I pertemuan II
memperoleh nilai rata-rata 81,07 pada siklus II dengan nilai rata-rata 88,19
Dapat disimpulkan pada penelitian bahwa model Problem Based Learning
dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik
terpadu dikelas IV SDN 84 Rimbo Bujang.
Actions (login required)
|
View Item |