Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Interaktif Berbasis Liveworksheets Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI IPS di MAN 3 Tanah Datar

Hidayati, Nurul (2023) Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Interaktif Berbasis Liveworksheets Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI IPS di MAN 3 Tanah Datar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_NURUL_HIDAYATI_18053035_3035_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan minat dan hasil belajar peserta didik kelas XI IPS tahun pelajaran 2022/2023 melalui penggunaan LKPD interaktif berbasis liveworksheets. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan LKPD interaktif berbasis liveworksheets dapat meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik yaitu pada siklus I TCR minat belajar peserta didik sebesar 69,54% dan pada siklus II meningkat menjadi 71,54% dan berada pada kategori tinggi. Sedangkan rata-rata nilai hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 65 dengan ketuntasan klasikal sebesar 44,44%, meningkatkan menjadi 73 dengan ketuntasan klasikal 66,67% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada guru agar dapat beradaptasi pada situasi apapun sesuai keadaan di kelas, baik dengan teknologi, sarana prasarana maupun lingkungan sekitar guna meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik salah satu contohnya dengan penggunaan media pembelajaran LKPD interaktif berbasis liveworksheets. Salah satu hal yang menjadi pertimbangan bagi guru dalam penggunaan LKPD interaktif berbasis liveworksheets ialah jaringan internet yang stabil, jadi media ini sangat cocok digunakan disekolah yang jaringannya memadai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKurniawati, TriUNSPECIFIED
CorrectorCerya, EfniUNSPECIFIED
CorrectorYulhendri, YulhendriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) INTERAKTIF BERBASIS LIVEWORKSHEETS
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 12 Jul 2023 07:11
Last Modified: 12 Jul 2023 07:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44812

Actions (login required)

View Item View Item