Pengembangan Aplikasi Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Konsep Mol untuk Kelas X SMA/MA

Depiyahani, Istiva (2023) Pengembangan Aplikasi Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Konsep Mol untuk Kelas X SMA/MA. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B.1_07_ISTIVA_DEPIYAHANI_180351421425_2023_(15 Feb).pdf

Download (812kB) | Preview

Abstract

Aplikasi media pembelajaran berbasis android merupakan salah satu perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa aplikasi media pembelajaran berbasis android pada materi konsep mol untuk kelas X SMA/MA yang telah valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan Plomp yang dibatasi sampai tahap prototipe IV pada uji kelompok kecil (small group evaluation) tahap praktikalitas. Uji validitas dilakukan oleh tiga orang Dosen Kimia FMIPA UNP dan dua orang Guru Kimia SMA Alistiqamah sebagai ahli materi dan dua orang Dosen Teknik Informatika FT UNP sebagai ahli media. Uji praktikalitas dilakukan oleh 15 peserta didik dan dua orang guru kimia. Teknik analisis data validitas menggunakan indeks Aiken’s V. hasil uji validitas menunjukkan bahwa aplikasi media pembelajaran berbasis android yang dikembangkan tergolong dalam kategori valid dengan nilai V ratarata 0,87 untuk ahli materi dan nilai V rata-rata 0,93 untuk ahli media. Teknik analisis data praktikalitas menggunakan formula persentase. Hasil uji praktikalitas pada kelompok kecil tergolong sangat praktis dengan nilai persentase praktikalitas sebesar 90% untuk praktikalitas peserta didik dan nilai persentase praktikalitas sebesar 92% untuk praktikalitas guru

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAzra, FajriahUNSPECIFIED
CorrectorYerimadesi, YerimadesiUNSPECIFIED
CorrectorGuspatni, GuspatniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Aplikasi, Android, Media Pembelajaran, Konsep Mol, Model Plomp
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 12 Jul 2023 04:53
Last Modified: 12 Jul 2023 04:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44807

Actions (login required)

View Item View Item