Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Model Discovery Learning di Kelas IV SD Negeri 34 Pasar Baru Pesisir Selatan

Ilahi, Puja Wahyu (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Model Discovery Learning di Kelas IV SD Negeri 34 Pasar Baru Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_Puja_Wahyu_Ilahi_18129158_2565_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu yang mengakibatkan nilai peserta didik yang masih sebatas rata-rata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SD Negeri 34 Pasar Baru menggunakan model Discovery Learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian berupa hasil pengamatan dan tindakan serta hasil tes. Sumber data adalah proses dan hasil pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model Discovery Learning pada pembelajaran tematik terpadu. Penelitian ini dilaksanakan pada Semester II Tahun Ajaran 2021/2022. Subjek penelitian adalah guru selaku observer, peneliti selaku praktisi, dan peserta didik kelas IV sebanyak 19 orang. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II baik dari RPP, aktivitas guru, aktivitas peserta didik dan hasil belajar menggunakan model Discovery Learning. Hasil pengamatan RPP pada siklus I memperoleh rata-rata dengan persentase 90,2% (SB) dan meningkat pada siklus II menjadi 94,4% (SB). Sedangkan dari aktivitas guru pada siklus I memperoleh rata-rata 79.80 % (C) dan lebih meningkat pada siklus II menjadi 92.30 % (SB). Demikian juga dengan aktivitas belajar peserta didik Siklus I memperoleh ratarata 79.80 % (C) dan lebih meningkat pada siklus II menjadi 92.30 % (SB). Hasil belajar pembelajaran tematik terpadu dengan model Discovery Learning pada siklus I memperoleh rata-rata 70.09 % (C) dan pada siklus II meningkat dengan presentase 86.25% (B). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu di Kelas IV SD Negeri 34 Pasar Baru Pesisir Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHamimah, HamimahUNSPECIFIED
CorrectorWaldi, AtriUNSPECIFIED
CorrectorZainil, MelvaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 10 Jul 2023 03:45
Last Modified: 10 Jul 2023 03:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44734

Actions (login required)

View Item View Item