Ilahi, Puja Wahyu
(2023)
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dalam
Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Model Discovery Learning di Kelas
IV SD Negeri 34 Pasar Baru Pesisir Selatan.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik
dalam pembelajaran tematik terpadu yang mengakibatkan nilai peserta didik yang
masih sebatas rata-rata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan
hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SD
Negeri 34 Pasar Baru menggunakan model Discovery Learning.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang
dilaksanakan dalam dua siklus dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan
kuantitatif. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan,
dan refleksi. Data penelitian berupa hasil pengamatan dan tindakan serta hasil tes.
Sumber data adalah proses dan hasil pelaksanaan pembelajaran dengan
menggunakan model Discovery Learning pada pembelajaran tematik terpadu.
Penelitian ini dilaksanakan pada Semester II Tahun Ajaran 2021/2022. Subjek
penelitian adalah guru selaku observer, peneliti selaku praktisi, dan peserta didik
kelas IV sebanyak 19 orang.
Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II
baik dari RPP, aktivitas guru, aktivitas peserta didik dan hasil belajar
menggunakan model Discovery Learning. Hasil pengamatan RPP pada siklus I
memperoleh rata-rata dengan persentase 90,2% (SB) dan meningkat pada siklus II
menjadi 94,4% (SB). Sedangkan dari aktivitas guru pada siklus I memperoleh
rata-rata 79.80 % (C) dan lebih meningkat pada siklus II menjadi 92.30 % (SB).
Demikian juga dengan aktivitas belajar peserta didik Siklus I memperoleh ratarata
79.80
%
(C)
dan
lebih
meningkat
pada
siklus
II
menjadi
92.30
%
(SB).
Hasil
belajar
pembelajaran tematik terpadu dengan model Discovery Learning pada
siklus I memperoleh rata-rata 70.09 % (C) dan pada siklus II meningkat dengan
presentase 86.25% (B). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model
Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada
peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu di
Kelas IV SD Negeri 34 Pasar Baru Pesisir Selatan.
Actions (login required)
|
View Item |