Yusis, Sania Aprimil
(2023)
Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Model
Cooperative Learning Tipe Picture and Picture pada Pembelajaran Tematik
Terpadu di Kelas II SDN 13 Kampung Kandang Kecamatan Pariaman
Timur Kota Pariaman.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh realita sekolah yang menunjukkan
proses pembelajaran yang masih berpusat kepada guru dan peserta didik masih
kurang aktif dalam pembelajaran. Hal ini dikarenakan guru belum menggunakan
model pembelajaran yang efektif dalam proses pembelajaran. Maka
mengakibatkan rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik
terpadu. Tujuan dari penelitian adalah mendeskripsikan penggunaan model
Cooperative Learning Tipe Picture and Picture untuk meningkatkan hasil belajar
tematik terpadu di kelas II Sekolah Dasar.
Penelitian ini dilaksananakan dengan model Cooperative Learning tipe
Picture and Picture di kelas II SDN 13 Kampung Kandang Kecamatan Pariaman
Timur Kota Pariaman. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas II
yang berjumlah 14 orang. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif
dan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang
dilaksanakan dalam dua siklus, siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II
terdiri dari 1 pertemuan. Disetiap siklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Hasil penelitian yaitu: (1) persentase pengamatan RPP pada siklus I
memperoleh rata-rata 77,27%, meningkat menjadi 95,45% pada siklus II. (2)
Aktivitas guru pada siklus I memperoleh rata-rata 76,78%, meningkat menjadi
96,42% pada siklus II. (3) Aktivitas peserta didik pada siklus I memperoleh ratarata
76,78%, meningkat menjadi 96,42% pada siklus II. Sedangkan dari hasil
belajar peserta didik, pada siklus I nilai rata-ratanya 75 kategori baik (dengan ratarata
persentase ketuntasan 64,28% kategori kurang) meningkat menjadi 90
kategori sangat baik (dengan persentase ketuntasan 85,71% kategori baik) pada
siklus II. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model Picture and
Picture dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik
terpadu.
Actions (login required)
|
View Item |