Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Picture and Picture pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas II SDN 13 Kampung Kandang Kecamatan Pariaman Timur Kota Pariaman

Yusis, Sania Aprimil (2023) Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Picture and Picture pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas II SDN 13 Kampung Kandang Kecamatan Pariaman Timur Kota Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_SANIA_APRIMIL_YUSIS_18129308_2685_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh realita sekolah yang menunjukkan proses pembelajaran yang masih berpusat kepada guru dan peserta didik masih kurang aktif dalam pembelajaran. Hal ini dikarenakan guru belum menggunakan model pembelajaran yang efektif dalam proses pembelajaran. Maka mengakibatkan rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu. Tujuan dari penelitian adalah mendeskripsikan penggunaan model Cooperative Learning Tipe Picture and Picture untuk meningkatkan hasil belajar tematik terpadu di kelas II Sekolah Dasar. Penelitian ini dilaksananakan dengan model Cooperative Learning tipe Picture and Picture di kelas II SDN 13 Kampung Kandang Kecamatan Pariaman Timur Kota Pariaman. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas II yang berjumlah 14 orang. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Disetiap siklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian yaitu: (1) persentase pengamatan RPP pada siklus I memperoleh rata-rata 77,27%, meningkat menjadi 95,45% pada siklus II. (2) Aktivitas guru pada siklus I memperoleh rata-rata 76,78%, meningkat menjadi 96,42% pada siklus II. (3) Aktivitas peserta didik pada siklus I memperoleh ratarata 76,78%, meningkat menjadi 96,42% pada siklus II. Sedangkan dari hasil belajar peserta didik, pada siklus I nilai rata-ratanya 75 kategori baik (dengan ratarata persentase ketuntasan 64,28% kategori kurang) meningkat menjadi 90 kategori sangat baik (dengan persentase ketuntasan 85,71% kategori baik) pada siklus II. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSukma, ElfiaUNSPECIFIED
CorrectorAlwi, Nur AzmiUNSPECIFIED
CorrectorMansurdin, MansurdinUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 07 Jul 2023 02:16
Last Modified: 07 Jul 2023 02:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44696

Actions (login required)

View Item View Item