Efektivitas Media Papan Pintar dalam Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan pada Anak Tunagrahita Ringan (Single Subject Research kelas IV di SLB Hikmah Reformasi)

Sari, Susan Komala (2023) Efektivitas Media Papan Pintar dalam Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan pada Anak Tunagrahita Ringan (Single Subject Research kelas IV di SLB Hikmah Reformasi). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_Susan_komala_19003108_4288_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan peneliti di SLB Hikmah Reformasi, peneliti menemukan anak perempuan inisial KA tunagrahita ringan kelas IV, kurang mampu dalam penjumlahan mendatar bilangan satuan dengan hasil 6 sampai hasil 10. Sedangkan, anak mampu mengenal angka 1 sampai 10, berhitung 1 sampai 10 dan menuliskan angka 1 sampai 10. Maka, peneliti ingin membantu anak dalam meningkatkan kemampuan penjumlahan menggunakan media papan pintar. Media papan pintar merupakan media pembelajaran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan siswa melalui penyajian angka, huruf, simbol ataupun gambar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen berbentuk SSR desain A-B-A. Baseline pertama (A1) kemampuan awal subjek. Intervensi (B) kemampuan subjek selama diberikan perlakuan. Baseline (A2) kemampuan subjek dengan tidak lagi diberikan perlakuan. Kondisi baseline (A1) data yang diperoleh yaitu 28%, 32%, 32%, 32%. Kondisi intervensi (B) data yang diperoleh yaitu 56%, 68%, 76%, 84%, 84%, 84%. Kondisi baseline (A2) data yang diperoleh yaitu 84%, 88%, 88%, 88%. Berdasarkan hasil analisis data, hasil penelitian membuktikan bahwa media papan pintar efektif dalam meningkatkan kemampuan penjumlahan anak tunagrahita ringan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 06 Jul 2023 02:49
Last Modified: 06 Jul 2023 02:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44680

Actions (login required)

View Item View Item