Peningkatan Hasil Belajar Jaring-Jaring Bangun Ruang (Kubus dan Balok) Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together di Kelas V SDN 17 Gunung Pangilun Kota Padang

Puspita, Vini Winda (2023) Peningkatan Hasil Belajar Jaring-Jaring Bangun Ruang (Kubus dan Balok) Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together di Kelas V SDN 17 Gunung Pangilun Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_VINI WINDA PUSPITA_18129042_2683_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran jaring-jaring bangun ruang (kubus dan balok) Hal ini disebabkan oleh pembelajaran yang masih menggunakan model konvensional dan masih berpusat pada guru sehingga peserta didik belum aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar jaring-jaring bangun ruang (kubus dan balok) menggunakan model NHT di kelas V SDN17 Gunung Pangilun Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Penelitian dilaksanakan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Siklus I dilaksanakan dua kali pertemuan. Sedangkan siklus II dilaksanakan satu kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN 17 Gunung Pangilun Kota Padang yang berjumlah 21 orang terdiri dari 11 peserta didik lakilaki dan 10 peserta didik perempuan. Data penelitian ini diperoleh dari hasil pengamatan RPP, pelaksanaan pembelajaran aspek guru dan peserta didik, serta hasil belajar peserta didik menggunakan model NHT. Hasil penelitian menunjukan peningkatan pada siklus I ke siklus II. Hasil pengamatan RPP pada siklus I rata-rata 93,05% (A) meningkat menjadi 100% pada siklus II. Pada hasil observasi dari aspek guru siklus I rata-rata 92,18% (A) meningkat menjadi 96,87% (A). Pada hasil obsevasi dari aspek peserta didik siklus I rata-rata 92,18% (A) meningkat menjadi 96,78% (A). Sedangkan hasil belajar peserta didik siklus I memperoleh persentase 79,6% (B) meningkat menjadi 90,96% (A). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran jaring-jaring bangun ruang (kubus dan balok) di kelas V SDN 17 Gunung Pangilun Kota Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNingsih, YarisdaUNSPECIFIED
CorrectorMasniladevi, MasniladeviUNSPECIFIED
CorrectorMansurdin, MansurdinUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 06 Jul 2023 02:34
Last Modified: 06 Jul 2023 02:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44674

Actions (login required)

View Item View Item