Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas V SDN 12 Gunung Malelo Pesisir Selatan

Amra, Wahyu Septina Rada (2023) Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas V SDN 12 Gunung Malelo Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_WAHYU_SEPTINA_RADA_AMRA_17129276_3795_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu yang masih rendah. hal ini terlihat saat memulai pembelajaran guru langsung masuk ke topik pembelajaran. Sehingga hasil belajar peserta didik belum mencapai kompetensi yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Problem Based Learning di kelas V SDN 12 Gunung Malelo Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik dengan jumlah 20 orang yang terdiri dari 11 orang laki-laki dan 9 orang perempuan kelas V SDN 12 Gunung Malelo Pesisir Selatan, peneliti sebagai praktisi dan guru kelas sebagai observer, penelitian ini di laksanakan sebanyak II siklus dengan prosedur penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian pada siklus I dalam hasil pengamatan RPP memperoleh rata-rata 81,94% (B) dan meningkat pada siklus II 94,44% (SB). Pada hasil pengamatan aktifitas guru siklus I dengan rata-rata 85,71% (B) dan meningkat pada siklus II 96,42% (SB). Sedangkan pada hasil pengamatan aktifitas peserta didik siklus I memperoleh nilai rata-rata 85,71% (B) dan meningkat pada siklus II 96,42% (SB). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar tematik terpadu kelas V SDN 12 Gunung Malelo Pesisir Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorLena, Mai SriUNSPECIFIED
CorrectorReinita, ReinitaUNSPECIFIED
CorrectorDesyandri, DesyandriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 05 Jul 2023 04:28
Last Modified: 05 Jul 2023 04:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44653

Actions (login required)

View Item View Item