Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) di Kelas V SD Negeri 23 Koto Tuo Kecamatan Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar

Agustia, Yolanda (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) di Kelas V SD Negeri 23 Koto Tuo Kecamatan Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_Yolanda_Agustia_19129182_4440_2023.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu. Hal ini dikarenakan kurang optimalnya pemanfaatan model dan pembelajaran inovatif oleh guru yaitu pembelajaran masih berpusat pada guru sehingga reaksi peserta didik cenderung pasif dan kurang berminat dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini secara umum untuk mendeskripsikan peningkatan hasil pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Cooperative Learning tipe Numbered Head Together (NHT) di kelas V SD Negeri 23 Koto Tuo Kecamatan Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I terdiri dari II pertemuan dan siklus II terdiri dari I pertemuan. Pada setiap siklus meliputi empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik di kelas V SD Negeri 23 Koto Tuo Kecamatan Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar yang berjumlah 16 orang peserta didik yang diantaranya 10 orang peserta didik laki-laki dan 6 orang peserta didik perempuan. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dilihat dari aspek Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di siklus I diperoleh rata-rata skor 85% (Baik) dan pada siklus II diperoleh skor 94,44% (Sangat Baik). Pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru siklus I diperoleh rata-rata yaitu 84,3% (Baik), dan pada siklus II meningkat menjadi 93,75% (Sangat Baik). Aspek peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata yaitu 84,3% (Baik), dan pada siklus II meningkat menjadi 93,75% (Sangat Baik). Hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata 83,5 (Baik) dan pada siklus II meningkat menjadi 90,6 (Baik). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Cooperative Learning tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIndrawati, TinUNSPECIFIED
CorrectorRahmatina, RahmatinaUNSPECIFIED
CorrectorFarida, FaridaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 04 Jul 2023 02:51
Last Modified: 04 Jul 2023 02:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44620

Actions (login required)

View Item View Item