Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Discovery Learning di Kelas V SDN 16 Pandai Sikek Kabupaten Tanah Datar

Hikmah, Yulia (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Discovery Learning di Kelas V SDN 16 Pandai Sikek Kabupaten Tanah Datar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_Yulia_Hikmah_18129215_523_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar peserta didik yang rendah dan dalam proses pembelajaran kegiatan pembelajaran terpusat pada guru, guru belum menggunakan model pembelajaran yang bervariasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu menggunakan Model Discovery Learning di kelas V SDN 16 Pandai Sikek Kabupaten Tanah Datar yang meliputi; a) Perencanaan; b) Pelaksanaan; c) Hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas IV dengan jumlah 19 orang peserta didik, terdiri dari 8 orang perempuan dan 11 orang laki-laki. Penelitian dilakukan di SDN 16 Pandai Sikek Kabupaten Tanah Datar. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus mempunyai tahapan, siklus satu 2x pertemuan dan siklus dua 1x pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada : a) RPP siklus I dengan ratarata 77,77% (baik) dan siklus II 94,4% (sangat baik), b) Pelaksanaan pada aspek guru siklus I dengan rata-rata 82,81% (baik) dan siklus II 93,75% (sangat baik), sedangkan pelaksanaan pada aspek peserta didik siklus I dengan rata-rata 79,68% (baik), dan siklus II 93,75% (sangat baik), c) Penilaian terhadap peserta didik dalam peningkatan hasil belajar siklus I pada aspek sikap, 5 orang melakukan sikap positif dan 2 orang melakukan sikap negatif. Pada aspek pengetahuan memperoleh rata-rata 79 (cukup), aspek keterampilan memperoleh rata-rata 75 (cukup). Siklus II pada aspek sikap, 2 orang melakukan sikap positif dan 1 orang melakukan sikap negatif. Pada aspek pengetahuan memperoleh rata-rata 90 (sangat baik), aspek keterampilan memperoleh rata-rata 88 (baik). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAlwi, Nur AzmiUNSPECIFIED
CorrectorSukma, ElfiaUNSPECIFIED
CorrectorSuriani, AriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 04 Jul 2023 02:51
Last Modified: 04 Jul 2023 02:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44618

Actions (login required)

View Item View Item