Hikmah, Yulia
(2023)
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada
Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Discovery Learning
di Kelas V SDN 16 Pandai Sikek Kabupaten Tanah Datar.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar peserta didik yang rendah
dan dalam proses pembelajaran kegiatan pembelajaran terpusat pada guru, guru
belum menggunakan model pembelajaran yang bervariasi. Tujuan dari penelitian
ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik dalam
pembelajaran tematik terpadu menggunakan Model Discovery Learning di kelas
V SDN 16 Pandai Sikek Kabupaten Tanah Datar yang meliputi; a) Perencanaan;
b) Pelaksanaan; c) Hasil belajar.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek
penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas IV dengan jumlah 19 orang
peserta didik, terdiri dari 8 orang perempuan dan 11 orang laki-laki. Penelitian
dilakukan di SDN 16 Pandai Sikek Kabupaten Tanah Datar. Pendekatan yang
digunakan yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan
dalam 2 siklus, masing-masing siklus mempunyai tahapan, siklus satu 2x
pertemuan dan siklus dua 1x pertemuan.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada : a) RPP siklus I dengan ratarata
77,77%
(baik) dan siklus II 94,4% (sangat baik), b) Pelaksanaan pada aspek
guru siklus I dengan rata-rata 82,81% (baik) dan siklus II 93,75% (sangat baik),
sedangkan pelaksanaan pada aspek peserta didik siklus I dengan rata-rata 79,68%
(baik), dan siklus II 93,75% (sangat baik), c) Penilaian terhadap peserta didik
dalam peningkatan hasil belajar siklus I pada aspek sikap, 5 orang melakukan
sikap positif dan 2 orang melakukan sikap negatif. Pada aspek pengetahuan
memperoleh rata-rata 79 (cukup), aspek keterampilan memperoleh rata-rata 75
(cukup). Siklus II pada aspek sikap, 2 orang melakukan sikap positif dan 1 orang
melakukan sikap negatif. Pada aspek pengetahuan memperoleh rata-rata 90
(sangat baik), aspek keterampilan memperoleh rata-rata 88 (baik). Berdasarkan
hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model Discovery Learning dapat
meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu.
Actions (login required)
|
View Item |