Pengaruh Metode Discovery Learning dalam Pembelajaran Menulis Teks Ekplanasi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Batusangkar Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Harahap, Anggi Trinanda (2023) Pengaruh Metode Discovery Learning dalam Pembelajaran Menulis Teks Ekplanasi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Batusangkar Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_ANGGI_TRINANDA_HARAHAP_19016005_575_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki tiga tujuan. Ketiga tujuan tersebut sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Batusangkar sebelum menggunakan metode Discovery Learning. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Batusangkar setelah menggunakan metode Discovery Learning. Ketiga, menganalisis pengaruh penggunaan metode Discovery Learning dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Batusangkar. Penelitian ini menggunakan tiga teori utama. Ketiga teori itu digunakan dalam menganalisi dan membahas hasil temuan peneliti dalam penelitian ini. Pertama, keterampilan menulis teks eksplanasi. Kedua, model pembelajaran discovery learning dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi. Ketiga, pengaruh model pembelajaran menggunakan model discovery learning terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa. Metode yang digunakan padapenelitian ini menggunakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif dengan metode diskriptif-analisis. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dengan bentuk one-group pre-test-post-test desain. Sampel yang digunakan dipilih berdasarkan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini hanya satu kelas. Data pada penelitian ini berbentuk skor yang dikonversi menjadi nilai berdasarkan dua kali uji keterampilan menulis teks eksplanasi pada sampel. Prosedur yang digunakan dalam penelitian ini meliputi pre-test, post-test dan analisis. Terdapat tiga hasil penelitian yang kemudian menjadi simpulan. Ketiga hasil tersebut sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks eksplanasi siswa sebelum melakukan pembelajaran menulis teks eksplanasi menggunakan model discovery learning memperoleh rata rata sebesar 78,92 dengan klasifikasi “tinggi”. Kedua, keterampilan menulis teks eksplanasi siswa setelah mendapatkan pembelajaran menulis teks eksplanasi menggunakan model discovery learning memperoleh rata rata sebesar 94,82 dengan klasifikasi “sangat tinggi”. Ketiga, berdasarkan uji nilai t yag telah dilakukan dan menunjukkan hasil sebesar -9,025. Taraf kepercayaan sebesar 95%, taraf signifikan atau  sebesar 0,05%, dan dk = n-1. Dengan demikian, nilai T hitung lebih besar dari pada nilai T tabel (-9,025 < 2,032). Dengan demikian, disimpulkan bahwa pembelajaran menulis teks eksplanasi pada siswa kelas XI SMAN 1 Batusangkar menunjukkan pengaruh yang positif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNursaid, NursaidUNSPECIFIED
CorrectorEmidar, EmidarUNSPECIFIED
CorrectorNoveria, EnaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 03 Jul 2023 06:58
Last Modified: 03 Jul 2023 06:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44593

Actions (login required)

View Item View Item