Pengaruh Media Kantong Bilangan Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak Putih Asri Kamboja Sumedang Pesisir Selatan

Futiani, Fani (2023) Pengaruh Media Kantong Bilangan Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak Putih Asri Kamboja Sumedang Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_FANI_FUTIANI_18022011_3554_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi belum optimalnya kemampuan mengenal konsep bilangan anak usia 4-5 tahun dan kurang menariknya media yang digunakan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh media kantong bilangan terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak usia dini di taman kanak-kanak putih asri kamboja sumedang. Kemampuan mengenal konsep bilangan anak yang akan diteliti adalah kemampuan menjumlahkan dan berhitung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dalam bentuk Quasi Eksperimen. Populasi penelitian ini adalah 39 anak di Taman Kanak-kanak Putih Asri Kamboja Sumedang. Teknik Pengambilan sampelnya yaitu purposive Sampling anak kelas A1 dan kelas A2, masing-masing berjumlah 11 orang anak. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument penelitian berupa indikatorindikator yanag akan dicapai sebanyak 8 butir item, yang dilakukan melalui tes perbuatan. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, alat pengumpulan data menggunakan lembaran pernyataan. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test) menggunakan bantuan aplikasi SPSS 15.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan mean yang diperoleh kedua kelompok, yaitu mean dari kelompok eksperimen sebesar 25,18 sedangkan untuk kelompok kontrol memperoleh nilai mean sebesar 23,63. Kemudian dari hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa uji normalitas dan homogenitas pada pre-test dan post-test berdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya berdasarkan uji-t pada pre-test diketahui sig (2-tailed) adalah sebesar 0,673 > 0,05 maka Ho diterima dan Ha ditolak, dapat disimpulkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan mengenal konsep bilangan di kelas eksperimen dan kelas kontrol sebelum dilakukan treatment. Selanjutnya pada uji-t hasil post-test diketahui nilai sig (2-tailed) adalah sebesar 0,027 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan media kantong bilangan terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak usia dini di Taman Kanak-kanak Putih Asri Kamboja Sumedang Tahun Ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYeni, IndraUNSPECIFIED
CorrectorZulminiati, ZulminiatiUNSPECIFIED
CorrectorAnggraini, ViviUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 03 Jul 2023 03:40
Last Modified: 03 Jul 2023 03:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44576

Actions (login required)

View Item View Item