Futiani, Fani
(2023)
Pengaruh Media Kantong Bilangan Terhadap
Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan pada Anak Usia Dini di Taman
Kanak-kanak Putih Asri Kamboja Sumedang Pesisir Selatan.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi belum optimalnya kemampuan mengenal
konsep bilangan anak usia 4-5 tahun dan kurang menariknya media yang
digunakan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada
pengaruh media kantong bilangan terhadap kemampuan mengenal konsep
bilangan pada anak usia dini di taman kanak-kanak putih asri kamboja sumedang.
Kemampuan mengenal konsep bilangan anak yang akan diteliti adalah
kemampuan menjumlahkan dan berhitung.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dalam bentuk Quasi
Eksperimen. Populasi penelitian ini adalah 39 anak di Taman Kanak-kanak Putih
Asri Kamboja Sumedang. Teknik Pengambilan sampelnya yaitu purposive
Sampling anak kelas A1 dan kelas A2, masing-masing berjumlah 11 orang anak.
Teknik pengumpulan data menggunakan instrument penelitian berupa indikatorindikator
yanag akan dicapai sebanyak 8 butir item, yang dilakukan melalui tes
perbuatan. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji
hipotesis, alat pengumpulan data menggunakan lembaran pernyataan. Kemudian
data diolah dengan uji perbedaan (t-test) menggunakan bantuan aplikasi SPSS
15.0 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan mean yang diperoleh
kedua kelompok, yaitu mean dari kelompok eksperimen sebesar 25,18 sedangkan
untuk kelompok kontrol memperoleh nilai mean sebesar 23,63. Kemudian dari
hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa uji normalitas dan homogenitas
pada pre-test dan post-test berdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya
berdasarkan uji-t pada pre-test diketahui sig (2-tailed) adalah sebesar 0,673 > 0,05
maka Ho diterima dan Ha ditolak, dapat disimpulkan tidak terdapat perbedaan
yang signifikan kemampuan mengenal konsep bilangan di kelas eksperimen dan
kelas kontrol sebelum dilakukan treatment. Selanjutnya pada uji-t hasil post-test
diketahui nilai sig (2-tailed) adalah sebesar 0,027 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha
diterima, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam
penggunaan media kantong bilangan terhadap kemampuan mengenal konsep
bilangan pada anak usia dini di Taman Kanak-kanak Putih Asri Kamboja
Sumedang Tahun Ajaran 2022/2023.
Actions (login required)
|
View Item |