Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Koperatif Tipe Two Stay Two Stray Berbantuan Media Wordwall Di Kelas V SDN 10 Bandar Buat Kota Padang

Sari, Dewa Dela (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Koperatif Tipe Two Stay Two Stray Berbantuan Media Wordwall Di Kelas V SDN 10 Bandar Buat Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_DEWA_DELA_SARI_19129013_4079_2023.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh masalah hasil belajar peserta didik yang masih rendah dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas V Sekolah dasar. Dimana saat melakukan pembelajaran, jarang sekali guru menggunakan model dan media pembelajaran. Sebaliknya, guru cenderung memberikan penjelasan kepada peserta didik secara dominan. Akibatnya, hal ini mempengaruhi hasil belajar peserta didik yang kurang aktif dan tidak terlihat partisipasi dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar pesrta didik pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model kooperatif tipe two stay two stray berbantuan media wordwall di kelas V SDN 10 Bandar Buat Kota Padang. Jenis penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif sesuai dengan penelitian tindakan kelas. Dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiga kali pertemuan meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V SDN 10 Bandar Buat Kota Padang dengan berjumlah 24 orang peserta didik yang terdiri dari 13 orang lakilaki dan 11 orang perempuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada: a) RPP pada siklus I memperoleh rata-rata 90,91% (B), meningkat pada siklus II memperoleh persentase 95,45% (SB), b) aktivitas guru pada siklus I memperoleh rata-rata 83,75% (B), meningkat pada siklus II memperoleh persentase 95% (SB), c) aktivitas peserta didik siklus I memperoleh rata-rata 83,75% (B), meningkat pada siklus II memperoleh persentase 95% (SB), dan d) hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 77,41 (C), meningkat pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 93,23 (SB). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe two stay two stray berbantuan media wordwall dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN 10 Bandar Buat Kota Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHamimah, HamimahUNSPECIFIED
CorrectorDesyandri, DesyandriUNSPECIFIED
CorrectorMuhammadi, MuhammadiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 27 Jun 2023 02:50
Last Modified: 27 Jun 2023 02:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44549

Actions (login required)

View Item View Item