Pengaruh Games Cerita Sains Bergambar Terintegrasi Kearifan Lokal Minangkabau Berbasis Aplikasi Android terhadap Sains di Taman Kanak-Kanak Payakumbuh

Permana, Ayu Intan (2023) Pengaruh Games Cerita Sains Bergambar Terintegrasi Kearifan Lokal Minangkabau Berbasis Aplikasi Android terhadap Sains di Taman Kanak-Kanak Payakumbuh. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_AYU_INTAN_PERMANA_20330031_2790_2023.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Temuan awal penelitian didapatkan bahwa keterampilan proses sains anak masih rendah dan berada pada kategori belum berkembang. Dalam mengobservasi, masih banyak anak yang belum mampu menggunakan semua panca inderanya untuk mengenali proses sains. Dalam keterampilan mengukur, anak-anak belum mampu melakukan pengukuran secara tepat dalam proses sains. Dalam keterampilan membandingkan, anak-anak juga banyak yang belum mampu membedakan dan melihat persamaan dalam proses sains. Dalam mengklasifikasikan sifat dan bentuk benda pada proses sains, anak belum bisa membedakan benda padat, benda gas dan benda cair. Dalam aspek mengkomunikasikan, anak belum mampu menceritakan proses sains yang telah dilakukan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh Games Cerita Sains Bergambar Terintegrasi Kearifan Lokal Minangkabau Berbasis Aplikasi Android terhadap Sains di Taman Kanak-Kanak Al Huffazh Payakumbuh, 2) Pengaruh Games Cerita Sains Bergambar Terintegrasi Kearifan Lokal Minangkabau Berbasis Aplikasi Android terhadap Sains di Taman Kanak-Kanak Ar-Rasyid Payakumbuh. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen murni (True Experimental). Populasi dalam penelitian ini adalah anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Al Huffazh dan Taman Kanak-Kanak Ar-Rasyid Payakumbuh. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan mengambil kelas B1 dan B2 yang berjumlah 58 orang. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi keterampilan proses sains. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara melakukan penilaian keterampilan proses sains. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji T Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat Pengaruh Games Cerita Sains Bergambar Terintegrasi Kearifan Lokal Minangkabau Berbasis Aplikasi Android terhadap Sains di Taman Kanak-Kanak Al Huffazh Payakumbuh. Hal ini dibuktikan dengan nilai t-hitung keterampilan proses sains kelas eksperimen dan kontrol TK Al Huffazh Payakumbuh lebih besar dari pada t-tabel, 2) Terdapat Pengaruh Games Cerita Sains Bergambar Terintegrasi Kearifan Lokal Minangkabau Berbasis Aplikasi Android terhadap Sains di Taman Kanak-Kanak Ar Rasyid Payakumbuh. Hal ini dibuktikan dengan nilai t-hitung keterampilan proses sains kelas eksperimen dan kontrol TK Ar Rasyid Payakumbuh lebih besar dari pada t-tabel.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEliza, DelfiUNSPECIFIED
CorrectorRakimahwati, RakimahwatiUNSPECIFIED
CorrectorMahyuddin, NennyUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 26 Jun 2023 06:55
Last Modified: 26 Jun 2023 06:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44530

Actions (login required)

View Item View Item