Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Smart Apps Creator Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Pembelajaran IPAS di Kelas IV Sekolah Dasar

Edray, Auliya Einsrizkianne (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Smart Apps Creator Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Pembelajaran IPAS di Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_Auliya_Einsrizkianne_Edray_19129009_2578_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Di zaman saat ini, penggunaan teknologi menjadi sangat penting di dunia pendidikan. Media pembelajaran yang pada awalnya berupa gambar atau benda nyata lainnya, kini telah berkembang semakin canggih menggunakan perangkat keras berupa laptop maupun handphone. Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya penggunaan media yang menarik, menyenangkan, dan mudah dipahami peserta didik. Hal tersebut membuat peserta didik kesulitan dalam memahami materi serta sering merasa bosan dan kurangnya motivasi belajar. Oleh karena itu, diperlukannya media pembelajaran yang disesuaikan dengan minat peserta didik, salah satunya dengan mengembangkan media pembelajaran Smart Apps Creator. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Smart Apps Creator pada pembelajaran IPAS di kelas IV SD yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research & Development menggunakan model ADDIE yang memiliki lima tahapan, yaitu analysis (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Data diperoleh berdasarkan angket validasi ahli materi, ahli kebahasaan, dan ahli media, angket praktikalitas guru dan peserta didik, serta uji efektivitas hasil belajar peserta didik. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN 05 Air Tawar Barat, Kota Padang. Hasil uji validitas materi memperoleh hasil 94,4% dengan kategori sangat valid. Hasil uji validitas ahli kebahasaan memperoleh hasil 100% dengan kategori sangat valid. Hasil uji validitas ahli media memperoleh hasil 95% dengan kategori sangat valid. Hasil uji praktikalitas respon guru memperoleh hasil 90% dengan kategori sangat praktis. Hasil uji praktikalitas respon peserta didik memperoleh hasil 92,5% dengan kategori sangat praktis. Hasil efektivitas memperoleh hasil yang sangat efektif dengan persentase pertemuan pertama sebesar 85,16%, kemudian pertemuan kedua diperoleh persentase yang meningkat sebesar 96,12%. Dengan demikian disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Smart Apps Creator Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pembelajaran IPAS Kelas IV BAB 7 topik A dan B tentang kebutuhan manusia dan kegiatan jual beli telah dinyatakan valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHamimah, HamimahUNSPECIFIED
CorrectorArwin, ArwinUNSPECIFIED
CorrectorWaldi, AtriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 26 Jun 2023 02:56
Last Modified: 26 Jun 2023 02:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44524

Actions (login required)

View Item View Item