Peningkatan Hasil Belajar Penjumlahan dan Pengurangan Berbeda Penyebut Berbasis Contextual Teaching and Learning untuk Siswa Kelas V SDN 21 Batang Anai

Ayuni, Ayuni (2023) Peningkatan Hasil Belajar Penjumlahan dan Pengurangan Berbeda Penyebut Berbasis Contextual Teaching and Learning untuk Siswa Kelas V SDN 21 Batang Anai. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_Ayuni_17129013_3960_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan oleh pembelajaran yang belum berpusat kepada siswa sehingga siswa kurang terangsang untuk berpikir kritis dan materi yang disajikan belum dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari siswa.Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa yaitu menerapkan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar dengan menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning pada pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi dan dokumentasi. Instrument penelitian ini menggunakan lembar observasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 21 Batang Anai yang berjumlah 17 orang. Hasil penelitian menunjukkan 1) Hasil pengamatan RPP pada siklus I dengan rata-rata 82,81% dengan kualifikasi baik meningkat menjadi 90,62% pada siklus II dengan kualifikasi sangat cukup. 2) Pelaksanaan pembelajaran aspek guru pada siklus I adalah 79,16% dengan kualifikasi cukup, meningkat menjadi 94,44% pada siklus II dengan kualifikasi sangat baik. Aspek siswa pada siklus I nilai yang diperoleh 79,16% dengan kualifikasi cukup, meningkat menjadi 94,44% pada siklus II dengan kualifikasi sangat baik. 3) Hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata 70,49 dengan kualifikasi cukup, meningkat pada siklus II menjadi 90,22 dengan kualifikasi sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika pada penjumlahan dan pengurangan pecahan berbeda penyebut di kelas V SDN 21 Batang Anai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAhmad, SyafriUNSPECIFIED
CorrectorMasniladevi, MasniladeviUNSPECIFIED
CorrectorFitri, YantiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 26 Jun 2023 02:51
Last Modified: 26 Jun 2023 02:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44522

Actions (login required)

View Item View Item