Sepriza, Irshan (2022) Hubungan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Dasar Perancangan Teknik MesinKelas X di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
B1_7_IRSHAN_SEPRIZA_18067087_5653_2022.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Motivasi belajar merupakan dorongan/usaha internal adan ekstenal untuk meningkatkan kegiatan, mengadakan perubahan tingkah laku untuk mencapai tujuan belajar. Tujuan penelitan ini adalah untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar mata pelajaran dasar perancangan teknik mesin (DPTM) kelas X Jurusan Teknik Mesin di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Pupulasi penelitian ini berjumlah 144 siswa yang merupakan seluruh siswa kelas X Jurusan Teknik Mesin di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 siswa dengan teknik pengambilan sampelmenggunakan teknik Probability Sampling dengan jenis metode Simple random sampling mengingat populasi dalam penelitian ini bersifat homogen. Metode penelitian ini yaitu kuantitatif yang bersifat korelasional. Penelitian Kuantitatif korelasional merupakan penelitian yang lebih menekankan analisisnya pada angka yang diperoleh dengan metode statistika yang melibatkan tindakan pengumpulan data guna menetukan apakah ada hubungan dan tingkat hubungan antara dua variabel atau lebih. Berdasarkan hasil analisis koefisien (r) dari kedua variabel penelitian dengan rhitung 0,812 dan rtabel 0,254 kategori 0,812 > 0,254, maka Ha diterima. Jadi hipotesis yang diajukan hubungan motivasi belajar terhadap hasil belajar diterima dan dari hasil analisis didapatkan koefisien determinasi seharga 65,93%, jadi kontribusi Motivasi belajar atas hasil belajar sebesar 65,93% yang sisanya disebabkab oleh faktor lain. Hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar memiliki hubungan positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran dasar perancangan teknik mesin (DPTM) di SMKNegeri 1Sumatera Barat. Berdasarkan hasil analisis implikasi dari penelitian ini ialah adanyamotivasi belajar tinggi mempunyai peluang lebih besar untuk memperoleh hasil belajar yang lebih baik dibandingkan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | MOTIVASI BELAJAR, HASIL BELAJAR, TEKNIK MESIN | ||||||||||||
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Elektro S1 | ||||||||||||
Depositing User: | Mutia Farida | ||||||||||||
Date Deposited: | 26 Jun 2023 01:08 | ||||||||||||
Last Modified: | 26 Jun 2023 01:08 | ||||||||||||
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44512 |
Actions (login required)
View Item |