Desfi, Alifah Beninda
(2023)
Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu
Menggunakan Aplikasi Flipbook Maker di Sekolah Dasar.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum maksimalnya penggunaan
bahan ajar tematik terpadu di kelas V SD. Sehingga menyebabkan pembelajaran
yang masih dilaksanakan secara konvensional. Pembelajaran berpusat pada guru
dan peserta didik hanya menerima informasi dan juga disebabkan kurangnya
kreativitas dari guru. Untuk itu perlu dikembangkan sebuah bahan ajar tematik
terpadu menggunakan aplikasi FlipBook Maker. Penelitian ini bertujuan untuk
mengembangkan bahan ajar menggunakan aplikasi FlipBook Maker pada
pembelajaran tematik terpadu di kelas V SD yang valid dan praktis.
Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (R&D).
Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Model ADDIE
terdiri dari lima tahapan yaitu analysis (analysis), design (desain), development
(pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluate (penilaian). Data
dari penelitian ini diperoleh dari lembar validasi dan angket respon. Lembar
validasi terdiri atas lembar validasi ahli materi, ahli bahasa, ahli media.
Sedangkan angket respon terdiri atas angket respon guru, dan angket respon
peserta didik. Subjek ujicoba penelitian ini adalah 15 orang yang terdiri atas 5
orang peserta didik laki-laki dan 10 orang peserta didik perempuan di kelas V
SDN 08 Balai Selasa.
Hasil penelitian ini memperoleh bahan ajar tematik terpadu berupa
Aplikasi Flipbook Maker yang valid dan praktis digunakan dalam proses
pembelajaran. Hasil validasi dari tiga validator yaitu ahli materi, ahli bahasa, dan
ahli media memperoleh hasil akhir sebesar 94% dengan kategori “Sangat Valid”.
Sedangkan hasil kepraktisan dari angket respon dari 15 peserta didik mendapat
nilai 98% dengan kategori “Sangat Praktis” dan angket respon guru mendapat
nilai 97% dengan kategori “Sangat Praktis”. Dengan demikian, bahan ajar tematik
terpadu mengunakan aplikasi Flipbook Maker dinyatakan sangat valid dan praktis
digunakan dalam pembelajaran.
Actions (login required)
|
View Item |