Ulfa, Annisa
(2023)
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada
Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Model
Cooperative Learning Tipe Team Assisted
Individualization (TAI) di Kelas IV SDN 18 Sungai
Limau Kabupaten Padang Pariaman.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik,
kondisi ini disebabkan karena guru belum menggunakan model pembelajaran
yang bervariasi dan guru masih belum mengoptimalkan penggunaan media
pembelajaran sehingga peserta didik di kelas IV SD Negeri 18 Sungai Limau
Kabupaten Padang Pariaman kurang aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada
pembelajaran tematik terpadu dengan model Cooperative Learning Tipe Team
Assisted Individualization (TAI) di kelas IV SDN 18 Sungai Limau Kabupaten
Padang Pariaman.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif serta dilaksanakan dalam dua
siklus. Prosedur penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan
refleksi. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi dan hasil tes. Penelitian
dilaksanakan pada tahun ajaran 2022/2023. Subjek penelitian yaitu guru dan
peserta didik kelas IV Sekolah Dasar dengan jumlah 18 peserta didik.
Hasil Penelitian menunjukkan adanya peningkatan, pada siklus I di mulai
dengan hasil analisis penyusunan: a) RPP menunjukkan rata-rata 86,1% (B) dan
Siklus II menjadi 94,4% (A), b) pelaksanakan aspek guru siklus I rata-rata 81,25%
(B) dan siklus II 95% (A), sedangkan pelaksanaan aspek peserta didik pada siklus
I rata-rata 80% (B), dan siklus II menjadi 92,5% (A), c) Penilaian terhadap hasil
belajar peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata 78,6 (C) dan siklus II 91,2
(B). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model Team
Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik
pada pembelajaran tematik terpadu.
Actions (login required)
|
View Item |