Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Model Cooperative Learning Tipe Team Assisted Individualization (TAI) di Kelas IV SDN 18 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman

Ulfa, Annisa (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Model Cooperative Learning Tipe Team Assisted Individualization (TAI) di Kelas IV SDN 18 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_Annisa_Ulfa_18129230_3073_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik, kondisi ini disebabkan karena guru belum menggunakan model pembelajaran yang bervariasi dan guru masih belum mengoptimalkan penggunaan media pembelajaran sehingga peserta didik di kelas IV SD Negeri 18 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman kurang aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dengan model Cooperative Learning Tipe Team Assisted Individualization (TAI) di kelas IV SDN 18 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif serta dilaksanakan dalam dua siklus. Prosedur penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi dan hasil tes. Penelitian dilaksanakan pada tahun ajaran 2022/2023. Subjek penelitian yaitu guru dan peserta didik kelas IV Sekolah Dasar dengan jumlah 18 peserta didik. Hasil Penelitian menunjukkan adanya peningkatan, pada siklus I di mulai dengan hasil analisis penyusunan: a) RPP menunjukkan rata-rata 86,1% (B) dan Siklus II menjadi 94,4% (A), b) pelaksanakan aspek guru siklus I rata-rata 81,25% (B) dan siklus II 95% (A), sedangkan pelaksanaan aspek peserta didik pada siklus I rata-rata 80% (B), dan siklus II menjadi 92,5% (A), c) Penilaian terhadap hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata 78,6 (C) dan siklus II 91,2 (B). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSukma, ElfiaUNSPECIFIED
CorrectorAlwi, Nur AzmiUNSPECIFIED
CorrectorAriani, YettiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 26 Jun 2023 01:00
Last Modified: 26 Jun 2023 01:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44496

Actions (login required)

View Item View Item