Rivaldi, Ahmad
(2023)
Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran
Tematik Menggunakan Model Everyone Is Teacher Here di Kelas IV SDN
21 Koto Tuo Kabupaten Agam.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang masih rendah,
pada saat proses pembelajaran siswa terlihat kurang aktif, siswa juga kurang
mendapatkan konsep-konsep dari berbagai pelajaran dalam satu pembelajaran,
serta keberanian siswa berbicara untuk mengemukakan pendapat masih kurang
terlihat itu disebakan oleh masih minimnya pengembangan model pembelajaran
inovatif yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran, sehingga pada saat
proses pembelajaran masih berpusat kepada guru atau teacher centered. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa
pada pembelajaran tematik menggunakan model everyone is teacher here .
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang
menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua
siklus, dimana siklus I terdiri dari 2x pertemuan dan siklus II terdiri dari 1x
pertemuan. Di setiap siklus tersebut meliputi empat tahap yaitu perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan
siswa Kelas IV SDN 21 Koto Tuo Kabupaten Agam. Data dari penelitian
diperoleh dari penilaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, proses pelaksanaan,
dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumen analisis,
lembar observasi, tes, dan non tes.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada : a) RPP siklus I pertemuan
1 84.09 dan Siklus I pertemuan 2 90.90%(baik) dan siklus II 93.18% (sangat
baik), b) Aktivitas guru pada pelaksanaan siklus I pertemuan 1 82.5%dan Siklus 2
pertemuan 2 92,5 (baik) dan siklus II 92.5% (sangat baik), sedangkan aktivitas
siswa pada pelaksanaan siklus I 88.75% (baik), dan siklus II 92.5% (sangat baik),
c) Penilaian terhadap hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh dengan rata-rata
71.38 serta persentase ketuntasan 38.46% dan siklus II dengan rata-rata 87 serta
persentase ketuntasan 92,30%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan
bahwa dengan model everyone is teacher here dapat meningkatkan hasil belajar
siswa pada pembelajaran tematik.
Actions (login required)
|
View Item |