Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Menggunakan Model Everyone Is Teacher Here di Kelas IV SDN 21 Koto Tuo Kabupaten Agam

Rivaldi, Ahmad (2023) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Menggunakan Model Everyone Is Teacher Here di Kelas IV SDN 21 Koto Tuo Kabupaten Agam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_AHMAD_RIVALDI_17129292_4469_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang masih rendah, pada saat proses pembelajaran siswa terlihat kurang aktif, siswa juga kurang mendapatkan konsep-konsep dari berbagai pelajaran dalam satu pembelajaran, serta keberanian siswa berbicara untuk mengemukakan pendapat masih kurang terlihat itu disebakan oleh masih minimnya pengembangan model pembelajaran inovatif yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran, sehingga pada saat proses pembelajaran masih berpusat kepada guru atau teacher centered. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik menggunakan model everyone is teacher here . Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, dimana siklus I terdiri dari 2x pertemuan dan siklus II terdiri dari 1x pertemuan. Di setiap siklus tersebut meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa Kelas IV SDN 21 Koto Tuo Kabupaten Agam. Data dari penelitian diperoleh dari penilaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, proses pelaksanaan, dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumen analisis, lembar observasi, tes, dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada : a) RPP siklus I pertemuan 1 84.09 dan Siklus I pertemuan 2 90.90%(baik) dan siklus II 93.18% (sangat baik), b) Aktivitas guru pada pelaksanaan siklus I pertemuan 1 82.5%dan Siklus 2 pertemuan 2 92,5 (baik) dan siklus II 92.5% (sangat baik), sedangkan aktivitas siswa pada pelaksanaan siklus I 88.75% (baik), dan siklus II 92.5% (sangat baik), c) Penilaian terhadap hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh dengan rata-rata 71.38 serta persentase ketuntasan 38.46% dan siklus II dengan rata-rata 87 serta persentase ketuntasan 92,30%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model everyone is teacher here dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYunisrul, YunisrulUNSPECIFIED
CorrectorFarida, FaridaUNSPECIFIED
CorrectorRahmatina, RahmatinaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 23 Jun 2023 01:23
Last Modified: 23 Jun 2023 01:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44475

Actions (login required)

View Item View Item