Pengaruh Model Problem Based Learning Disertai Peta Konsep terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMA N 1 Tilatang Kamang

Putri, Rezky Amelia (2023) Pengaruh Model Problem Based Learning Disertai Peta Konsep terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMA N 1 Tilatang Kamang. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B.1_05_REZKY_AMELIA_PUTRI_18033052_2504_2023_(21 Mar).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu dampak dari The Programme for International Student Asessment (PISA) terhadap Indonesia yaitu terjadinya perubahan kurikulum pada sistem pendidikan Indonesia. Kurikulum 2013 yang diterapkan sekarang ini, menekankan siswa pada keterampilan abad 21 dan adanya perubahan dari teacher center menjadi student center. Kenyataan di lapangan, pembelajaran Fisika di kelas XI IPA SMA N 1 Tilatang Kamang terlihat bahwa guru masih melakukan pendekatan secara langsung dan kurang melibatkan siswa dalam proses pembelajaran sehingga siswa kurang termotivasi dalam belajar yang membuat hasil belajar menjadi rendah. Solusi yang dapat dilakukan adalah menerapkan model Problem Based Learning (PBL) disertai peta konsep. Tujuan penelitian ini adalah menyelidiki pengaruh model PBL disertai peta konsep terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental Design) Desain penelitian yang digunakan Posttest–Only Control Design. Sampel dipilih dengan teknik cluster random sampling dari populasi penelitian yaitu kelas XI IPA SMA N 1 Tilatang Kamang tahun ajaran 2021/2022. Kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen. Instumen pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji U (Mann-Whitney). Dari analisis data penelitian didapatkan nilai rata-rata pada kelas ekperimen 63,88 lebih tinggi dari kelas kontrol 59,21. Hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai zhitung = 7,16 dan ztabel=1,96 sesuai dengan kriteria penolakan Ho yaitu tolak Ho jika zhitung<-ztabel atau zhitung>ztabel. Dapat disimpulkan bahwa model PBL disertai peta konsep berpengaruh terhadap hasil belajar siswa SMA N 1 Tilatang Kamang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorGusnedi, GusnediUNSPECIFIED
CorrectorDesnita, DesnitaUNSPECIFIED
CorrectorDewi, Wahyuni SatriaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model PBL, peta konsep, dan hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 22 Jun 2023 01:09
Last Modified: 22 Jun 2023 01:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44465

Actions (login required)

View Item View Item