Pengembangan e-LKPD Berbasis Project Based Learning pada Materi Termokimia di SMA/MA untuk Meningkatkan Hasil Belajar

Ismathulhuda, Azla (2022) Pengembangan e-LKPD Berbasis Project Based Learning pada Materi Termokimia di SMA/MA untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_AZLA_ISMATHULHUDA_19176003_6620_2022.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Materi di kelas XI bidang kimia yang relatif cukup sulit dipahami peserta didik adalah termokimia karena bersifat abstrak dan kompleks, sehingga dibutuhkan bahan ajar yang membantu peserta didik. Inovasi bahan ajar diperlukan sesuai dengan kondisi, yakni hadirnya covid-19 menuntut pembelajaran online dan kurikulum 2013 menuntut guru dan peserta didik untuk menggunakan teknologi, informasi, dan komunikasi dalam proses pembelajaran, maka dibutuhkan bahan ajar elektronik untuk menyongsong pembelajaran abad 21. Lembar kerja peserta didik elektronik (e-LKPD) berbasis project based learning (PjBL) dapat menjadi alternatif bahan ajar elektronik. Model PjBL dipilih karena dapat menuntun peserta didik belajar nyata/langsung dengan melakukan project sederhana. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-LKPD berbasis project based learning pada materi termokimia untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik serta menentukan validitas, praktikalitas, dan efektivitasnya. Model pengembangan yang digunakan adalah Plomp. Analisis validitas dan praktikalitas dihitung menggunakan formula Aiken’s V dan persen praktikalitas. Rata-rata nilai validasi materi dan media sebesar 0,88 dan 0,89 dengan kategori sangat valid. Rata-rata nilai praktikalitas peserta didik pada small group sebesar 89,86% dengan kategori sangat praktis, sedangkan hasil rata-rata nilai praktikalitas respon guru dan respon peserta didik pada field test sebesar 89,03% dan 87,21% dengan kategori sangat praktis. Rata-rata nilai N-Gain kelas kontrol dan kelas eksperimen adalah 0,35 dan 0,78 dengan kategori sedang dan tinggi. Uji normalitas dan homogenitas varians data hasil belajar menunjukkan data berdistribusi normal dan bervarians homogen. Uji hipotesis data hasil belajar telah dilakukan dan diperoleh keputusan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHardeli, HardeliUNSPECIFIED
CorrectorAndromeda, AndromedaUNSPECIFIED
CorrectorNizar, Umar kalmarUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PROJECT BASED LEARNING
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 21 Jun 2023 02:18
Last Modified: 21 Jun 2023 02:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44429

Actions (login required)

View Item View Item