Pengaruh Metode Discovery Learning dan Minat Baca terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Padang

Oktiana, Putri Kartika (2022) Pengaruh Metode Discovery Learning dan Minat Baca terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Padang. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_PUTRI_KARTIKA_OKTIANA_20174030_7835_2022).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Padang yang diajarkan dengan metode discovery learning dan metode konvensional, mendeskripsikan hasil keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Padang yang memiliki minat baca tinggi dan siswa yang memiliki minat baca rendah yang diajarkan dengan metode discovery learning dan diajarkan dengan metode konvensial, dan mendeskripsikan interaksi antara metode discovery learning dan minat baca terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Padang. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasy experiment). Desain penelitian adalah factorial design (2x2). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Padang yang berjumlah 185 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dan didapatkan kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 30 orang dan kelas VIII.2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 30 orang. Instrumen penelitian ini, yaitu angket minat baca dan tes unjuk kerja keterampilan menulis teks eksplanasi. Penganalisaan data dilakukan secara deskriptif sesuai dengan konsep penelitian eksperimen. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks eksplanasi pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol yang diperoleh Fhitung (k) = 4,91 > Ft (k) = 4,20 pada derajat kepercayaan 0,05. Kedua, keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol yang memiliki minat baca tinggi lebih tinggi daripada siswa yang memiliki minat baca rendah yang diperoleh Fhitung (b) = 11,47 > Ftabel = 4,20 pada derajat kebebasan 0,05. Ketiga, tidak terdapat interaksi antara metode discovery learning dan minat baca dalam mempengaruhi menulis teks eksplanasi diperoleh dengan pemerolehan Fhitung = 0,33 < Ftabel 4,20. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan tiga hal berikut ini. Pertama, terdapat perbedaan hasil keterampilan menulis teks eksplanasi yang diajarkan menggunakan metode discovery learning dan diajarkan menggunakan metode konvensional yang dibuktikan dengan besarnya Fhitung daripada Ftabel. Kedua, terdapat perbedaan hasil keterampilan menulis teks eksplanasi antara siswa yang memiliki minat baca tinggi dan siswa yang memiliki minat baca rendah siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Padang, yang dibuktikan dengan besarnya Fhitung daripada Ftabel. Ketiga, tidak terdapat interaksi antara metode discovery learning dan minat baca dalam mempengaruhi keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 6 iv Padang yang dibuktikan dengan Fhitung < Ftabel. Temuan ini menunjukkan, bahwa antara metode discovery learning dan minat baca tidak saling ketergantungan antara satu dengan yang lainnya dalam mempengaruhi keterampilan menulis teks eksplanasi

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorGani, ErizalUNSPECIFIED
CorrectorSyahrul R, Syahrul RUNSPECIFIED
CorrectorAmir, AmrilUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: METODE DISCOVERY LEARNING
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa danSastra Indonesia-S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 19 Jun 2023 02:38
Last Modified: 19 Jun 2023 02:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44369

Actions (login required)

View Item View Item