Pengaruh Model Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here (ETH) pada Materi Ekosistem terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Panyabungan Utara Tahun Ajaran 2021/2022

Nasution, Nur Fadhilah (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here (ETH) pada Materi Ekosistem terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Panyabungan Utara Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B.1_04_NUR_FADHILAH_NASUTION_18031158_974_2023_(8 Feb).pdf

Download (276kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang ada di SMAN 1 Panyabungan Utara yaitu hasil belajar peserta didik rendah dan model pembelajaran yang kurang bervariasi. Selain itu, saat proses pembelajaran peserta didik banyak yang kurang aktif pada saat pembelajaran berlangsung. Salah satuupaya yang dapat dilakukan yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Everyone Is A Teacher Here (ETH) karena peserta didik dapat menjadi guru bagi temannya, sehingga peserta didik yang pasif menjadi aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ETH terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian ekperimental semu (Quasi Eksperimental Research) dengan menggunakan rancangan penelitian Randomized Posttest Only Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X IPA SMA Negeri 1 Panyabungan Utara yang terdaftar pada tahun ajaran 2021/2022 yang terdiri dari dua kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik Total Sampling. Kelas eksperimen dengan model pembelajaran ETH dan kelas kontrol perlakuan model pembelajaran langsung. Untuk mengukur kompetensi pengetahuan, masing-masing kelas sampel diberikan posttest. Instrumen dalam penelitian ini berupa soal pilihan ganda sebanyak 30 soal dengan options 5 untuk melihat hasil belajar peserta didik. Dalam penelitain ini dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji Independent Sampel T- Test. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu dengan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen (81,05) dan kelas kontrol (74,68). Hasil uji hipotesis dilihat dari nilai signifikan 2-tailed <0,05 dengan nilai 0,025 pada kompetensi pengetahuan maka hipotesis diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif model pembelajaran ETH tentang materi ekosistem terhadap hasil belajar peserta didik Kelas X SMA Negeri 1 Panyabungan Utara Tahun Ajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZulyusri, ZulyusriUNSPECIFIED
CorrectorSyamsurizal, SyamsurizalUNSPECIFIED
CorrectorFuadiyah, Sa'diatulUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 19 Jun 2023 00:36
Last Modified: 19 Jun 2023 00:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44358

Actions (login required)

View Item View Item