Pengembangan Modul Matematika Yang Terintegrasi Teknologi Quick Response Code Pada Materi Persamaan Garis Lurus Di Kelas VIII SMP

Alsepriadi, Wiko (2022) Pengembangan Modul Matematika Yang Terintegrasi Teknologi Quick Response Code Pada Materi Persamaan Garis Lurus Di Kelas VIII SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_WIKO_ALSEPRIADI_16029080_1898_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Modul merupakan salah satu bahan ajar yang dapat menunjang proses pembelajaran khususnya pembelajaran secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul matematika yang terintegrasi teknologi quick response code pada materi persamaan garis lurus di kelas VIII SMP. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan karakteristik modul matematika yang terintegrasi teknologi quick response code pada materi persamaan garis lurus di kelas VIII SMP yang valid dan praktis. Pengembangan modul ini menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari 3 tahap, yaitu preliminary research, development or prototyping phase dan assessment phase. Subjek penelitian ini adalah 12 peserta didik kelas VIII SMPN 6 Solok Selatan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar validitas dan lembar praktikalitas (peserta didik). Modul dikatakan valid jika memenuhi validitas isi dan konstruk yang memuat aspek substansi materi, kelayakan penyajian, kelayakan tampilan (grafis), dan kebahasaan. Kepraktisan modul dilihat dari beberapa aspek yaitu dapat digunakan, mudah digunakan, menarik, dan efisien. Pada penelitian ini diperoleh modul matematika yang terintegrasi teknologi Quick Response Code yang valid dan praktis. Modul matematika valid dengan hasil 83,81% dengan kategori valid. Kepraktisan diperoleh berdasarkan angket respon peserta didik. Hasil angket peserta didik diperoleh nilai pratikalitas 80,43% dengan kategori praktis. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa Modul Matematika Yang Terintegrasi Teknologi Quick Response Code pada Materi Persamaan Garis Lurus di Kelas VIII SMP yang telah dihasilkan dapat dinyatakan valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSuherman, SuhermanUNSPECIFIED
CorrectorDwina, FitraniUNSPECIFIED
CorrectorTasman, FridgoUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 16 Jun 2023 02:49
Last Modified: 16 Jun 2023 02:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44344

Actions (login required)

View Item View Item