Syarah, Mia Mai
(2023)
Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Terintegrasi Pendekatan STEM tentang Materi Sistem Sirkulasi untuk SMA.
Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.
Abstract
Saat ini kita berada di era society 5.0 yang memberikan dampak besar bagi pendidikan. Salah satu pendekatan yang dapat diterapkan untuk menghadapi era society 5.0 adalah pendekatan STEM. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru biologi SMAN 1 Tanjung Mutiara peserta didik belum terlibat aktif dalam
pembelajaran biologi, selain itu belum diterapkannya pendekatan STEM serta belum tersedianya LKPD materi sistem sirkulasi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terintegrasi pendekatan STEM tentang materi sistem sirkulasi untuk SMA yang valid dan praktis.
Jenis penelitian ini adalah pengembangan, menggunakan 4D-Models. Instrumen penelitian adalah lembar wawancara guru, lembar angket studi pendahuluan peserta didik, lembar angket uji validitas dan angket uji praktikalitas. LKPD divalidasi oleh dua orang dosen Departemen Biologi FMIPA UNP dan satu
orang guru biologi SMAN 1 Tanjung Mutiara. LKPD diujicobakan terhadap satu orang guru biologi SMAN 1 Tanjung Mutiara dan 33 orang peserta didik kelas XI MIPA 1 SMAN 1 Tanjung Mutiara untuk menguji praktikalitas produk yang dikembangkan. Objek penelitian adalah LKPD terintegrasi pendekatan STEM tentang materi sistem sirkulasi untuk SMA. Data yang digunakan adalah data hasil uji validitas dan uji praktikalitas. Teknik analisis data adalah analisis kualitatif untuk tahap define dan design sedangkan analisis kuantitatif untuk tahap develop. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan nilai rata-rata validitas
89,41% (valid). Uji praktikalitas LKPD oleh guru diperoleh hasil 95,83% dan uji praktikalitas LKPD oleh peserta didik diperoleh hasil 95,05% (sangat praktis). Dapat disimpulkan LKPD Terintegrasi Pendekatan STEM tentang Materi Sistem Sirkulasi untuk SMA yang dikembangkan valid dan sangat praktis.
Actions (login required)
|
View Item |