Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMPN 34 Padang

Lerisma, Ressy Fadhila (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMPN 34 Padang. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B.1_01_RESSY_FADHILA_LERISMA_17029177_2158_2023_(7 Mar).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar merupakan tolak ukur yang digunakan untuk menentukan tingkat keberhasilan peserta didik dalam dalam belajar. Namun kenyataan pada pembelajaran matematika hasil belajar matematika di SMP Negeri 34 Padang masih tergolong rendah. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil belajar matematika peserta didik yang belajar peserta didik yang belajar dengan model problem based learning lebih baik dari pada peserta didik yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dan rancangan penelitian static group design. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 34 Padang tahun pelajaran 2022/2023. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar matematika yang berbentuk soal uraian, yang kemudian dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis tes hasil belajar diperoleh bahwa hasil belajar matematika peserta didik yang diajarkan dengan menerapkan model Problem Based Learning lebih baik dari pada hasil belajar matematika peserta didik yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning memiliki pengaruh terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII SMPN 34 Padang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNasution, Minora LonggomUNSPECIFIED
CorrectorMukhni, MukhniUNSPECIFIED
CorrectorRifandi, RonalUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, konvensional, Problem Based Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 09 Jun 2023 08:35
Last Modified: 09 Jun 2023 08:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44202

Actions (login required)

View Item View Item