Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP

Afkar, Bustanul (2023) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B.1_01_BUSTANUL_AFKAR_16029102_705_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKPD) pada materi bangunan ruang sisi datar di kelas VIII SMP dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Selain itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan karakteristik LKPD berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP yang valid dan praktis. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Plomp yang terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap investigasi awal (preliminary research), tahap pembuatan prototipe (prototyping stage), dan tahap penilaian (asessment stage). Tahap investigasi awal terdiri dari analisis kebutuhan, analisis kurikulum, analisis konsep, dan analisis peserta didik. Tahap pembuatan prototipe terdiri dari prototype 1, prototype 2, prototype 3, dan prototype 4. Pada prototype 1 dilakukan self evaluation dan expert reviews. Expert reviews dilakukan untuk melihat validitas LKPD yang dikembangkan. Pada prototype 2 dilakukan uji coba satu-satu (one to one evaluation) dengan mengujicobakan LKPD yang sudah valid kepada tiga orang peserta didik dengan kemampuan kognitif yang berbeda dan menghasilkan prototype 3. Pada prototype 3 dilakukan uji coba kelompok kecil (small group evaluation) dengan mengujicobakan LKPD kepada enam orang peserta didik dengan kemampuan kognitif yang berbeda dan menghasilkan prototype 4 setelah direvisi. Tahap terakhir yaitu tahap penilaian untuk melihat kepraktisan LKPD melalui hasil angket praktikalitas terhadap respon peserta didik. Berdasarkan hasil analisis data, validitas menunjukkan bahwa LKPD berdasarkan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) memiliki tingkat validitas sebesar 83,85% dengan kategori sangat valid. Hasil analisis data dari tes angket kepraktisan siswa sebesar 93,2% dengan kategori sangat praktis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa LKPD yang dibuat dapat dinyatakan sangat valid dan sangat praktis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorTasman, FridgoUNSPECIFIED
CorrectorYarman, YarmanUNSPECIFIED
CorrectorAl Aziz,, SaddamUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 06 Jun 2023 08:01
Last Modified: 06 Jun 2023 08:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44075

Actions (login required)

View Item View Item