Struktur dan Unsur Kebahasaan Teks Surat Lamaran Pekerjaan Siswa Kelas XII SMA Negeri 3 Painan

Anggraini, Silvia (2023) Struktur dan Unsur Kebahasaan Teks Surat Lamaran Pekerjaan Siswa Kelas XII SMA Negeri 3 Painan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_SILVIA_ANGGRAINI_19016194_973_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk dua hal, yaitu pertama, mendeskripsikan penggunaan struktur teks surat lamaran pekerjaan siswa kelas XII SMA Negeri 3 Painan. kedua, mendeskripsikan penggunaan unsur kebahasaan teks surat lamaran pekerjaan siswa kelas XII SMA Negeri 3 Painan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 3 Painan. Data penelitian ini struktur dan unsur kebahasaan teks teks surat lamaran pekerjaan siswa kelas XII SMA Negeri 3 Painan. Sumber data penelitian ini yaitu teks surat lamaran pekerjaan siswa kelas XII SMA Negeri 3 Painan yang berjumlah dua puluh teks surat lamaran pekerjaan. Instrumen ini adalah tes. Data dianalisis dengan mendeskripsikan, menganalisis, dan membahas data berdasarkan teori. Teori yang digunakan adalah teori struktur dan unsur kebahasaan teks surat lamaran pekerjaan. Hasil penelitian menunjukkan dua hal sebagai berikut. Pertama, ditemukan sepuluh bagian struktur teks surat lamaran pekerjaan siswa kelas XII SMA Negeri 3 Painan, yaitu tempat dan tanggal pembuatan surat, hal, lampiran, alamat surat, salam pembuka, alinea pembuka, isi, penutup, salam penutup, tanda tangan dan nama terang. Kedua, kebahasaan teks surat lamaran pekerjaan siswa kelas XII SMA Negeri 3 Painan ditemukan dua kebahasaan teks surat lamaran pekerjaan, yaitu penggunaan ejaan dan kalimat efektif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan dua hal. Pertama, struktur teks surat lamaran pekerjaan yang ditulis siswa kelas XII SMA Negeri 3 Painan masih ada yang tidak tepat dalam penulisannya. Kedua, kebahasaan teks surat lamaran pekerjaan yang ditulis siswa kelas XII SMA Negeri 3 Painan untuk penggunaan ejaan dan kalimat efektif sudah tepat, namun untuk penggunaan ejaan dan kalimat efektif masih ada yang kurang tepat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorGani, ErizalUNSPECIFIED
CorrectorRamadhan, SyahrulUNSPECIFIED
CorrectorEmidar, EmidarUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 05 Jun 2023 01:24
Last Modified: 05 Jun 2023 01:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44062

Actions (login required)

View Item View Item