Nilai-nilai Moral dalam Novel Maaf Tuhan, Aku Hampir Menyerah karya Alfialghazi dan Implikasinya dalam Pembelajaran Teks Novel

Jannah, Melani Zuhrotul (2023) Nilai-nilai Moral dalam Novel Maaf Tuhan, Aku Hampir Menyerah karya Alfialghazi dan Implikasinya dalam Pembelajaran Teks Novel. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_Melani_Zuhrotul_Jannah_19016029_838_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsiskan nilai moral terhadap diri sendiri, nilai moral terhadap sesama manusia, dan nilai moral terhadap Tuhan dalam novel Maaf Tuhan, Aku Hampir menyerah karya Alfialghazi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah novel Maaf Tuhan, Aku Hampir Menyerah karya Alfialghazi yang diterbitkan oleh Sahima tahun 2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data dalam penelitian ini yaitu nilai-nilai moral dalam novel Maaf Tuhan, Aku Hampir Menyerah karya Alfialghazi. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut. Pertama, terdapat nilai-nilai moral terhadap diri sendiri terdiri dari nilai-nilai keberanian, nilai-nilai kerendahan hati, nilai-nilai ketulusan, nilai –nilai kesabaran, nilai-nilai tanggung jawab, nilai-nilai percaya diri, nilai-nilai pasrah, nilai-nilai putus asa, nilai-nilai tidak bersyukur, dan nilai-nilai munafik. Kedua, terdapat nilai moral terhadap sesama manusia terdiri dari nilai-nilai sebuah persahabatan, nilai-nilai kesetian, dan nilai saling membantu. Ketiga terdapat nilai-nilai moral terhadap Tuhan terdiri dari nilai-nilai ketaatan, nilai-nilai berpikir jernih, nilai-nilai bersyukur, nilai-nilai pertobatan, nilai-nilai berserah diri kepada Allah, dan nilai-nilai tidak bersyukur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNursaid, NursaidUNSPECIFIED
CorrectorR, SyahrulUNSPECIFIED
CorrectorArie, ErmawatiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 19 May 2023 04:29
Last Modified: 19 May 2023 04:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43832

Actions (login required)

View Item View Item