Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Filmora pada Pembelajaran Tematik Terpadu Tema 7 Tentang Peristiwa Mengisi Kemerdekaan di Kelas V Sekolah Dasar

Rizal, Muhammad Nur (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Filmora pada Pembelajaran Tematik Terpadu Tema 7 Tentang Peristiwa Mengisi Kemerdekaan di Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_06_MUHAMMAD_NUR_RIZAL_18129127_5359_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi guru yang masih menggunakan cara lama dalam proses belajar emngajar yaitu hanya menggunakan spidol serta papan tulis putih dalam proses belajar mengajar sehingga terciptanya suasana belajar yang monoton dan membuat peserta didik kurang tertarik dalam proses belajar mengajar maka dari itu dalam penelitian ini peneliti membuat media pembelajaran berupa video pembelajaran yang membahas materi di kelas V tema 7 subtema 3 pembelajaran 6 tentang perisitiwa mengisi kemerdekaan. Media pembelajaran dikembangkan dalam sebuah aplikasi yang cukup ringan dalam laptop tetapi memiliki kualitas yang cukup powerful yaitu aplikasi filmora. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media pembelajaran berbasis aplikasi filmora yang membahas materi di kelas V tema 7 subtema 3 pembelajaran 6 yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitan pengembangan menggunakan model ADDIE yaitu analysis (analisis), design (perancangan), devlopment (pengembangan), implementation (penerapan), dan evaluasi (evaluasi) namun penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap implementation mengingat adanya keterbatasan waktu, dan biaya. Penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap implementation. Dalam proses pengembangan validasi peneliti dibantu oleh 3 orang ahli yaitu ahli materi, ahli media, serta ahli bahasa sedangkan dalam proses pengembangan praktikalitas peneliti dibantu oleh 2 orang guru, dan 18 peserta didik SDN 24 Parupuk Tabing. Hasil penelitian ini dinyatakan “sangat valid” dengan nilai rata-rata ahli materi 96,3%, ahli media 93,3%, dan ahli bahasa 90%. Presentase nilai kepraktisan respon guru kelas V SDN 24 Parupuk Tabing yaitu sebesar 96,4% dan nilai praktikalitas dari 18 peserta didik sebesar 96,9% dengan kategori “sangat praktis”

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAstimar, NellyUNSPECIFIED
CorrectorAhmad, SyafriUNSPECIFIED
CorrectorFitria, YantiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI FILMORA, TEMATIK TERPADU TEMA 7
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 04 Apr 2023 04:37
Last Modified: 04 Apr 2023 04:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43228

Actions (login required)

View Item View Item