Pengembangan Bahan Ajar Berupa e-Modul Berbasis Flip PDF Professional pada Materi Jaring-Jaring Bangun Ruang Sederhana (Kubus dan Balok) di Kelas V SDN 24 Parupuk Tabing

Hydayat, Akmal (2022) Pengembangan Bahan Ajar Berupa e-Modul Berbasis Flip PDF Professional pada Materi Jaring-Jaring Bangun Ruang Sederhana (Kubus dan Balok) di Kelas V SDN 24 Parupuk Tabing. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_06_AKMAL_HYDAYAT_18129220_6171_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penerapan sistem Blended Learning guna mengantisipasi penyebaran wabah Covid-19 tidak disertai dengan pembaharuan bahan ajar yang memadai bagi peserta didik untuk belajar secara mandiri. Bahan Ajar yang disediakan guru untuk peserta didik hanya berupa bahan ajar konvensional seperti buku siswa dan LKS. Hal ini tentunya berbanding terbalik dengan konsep Blended Learning yang lebih mengedepankan penggunaan teknologi dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar berupa e-modul berbasis Flip PDF Professional pada materi jaring-jaring bangun ruang sederhana (kubus dan balok) di kelas V Sekolah Dasar yang Valid dan Praktis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (research and development) dengan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE memiliki tahap-tahap, yaitu Anlysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), Evaluation (Evaluasi). pengambilan data dilakukan dengan lembar validasi dan angket respon. Lembar validasi terdiri dari validasi ahli materi, validasi ahli media, dan validasi ahli bahasa. Sedangkan angket respon terdiri dari respon peserta didik dan respon guru. Subjek uji coba pada penelitian ini yaitu 21 peserta didik di kelas V SDN 24 Parupuk Tabing. Penelitian dilaksanakan pada hari Jum’at, tanggal 3 Juni 2022. Hasil penelitian dari pengembangan bahan ajar berupa e-modul berbasis Flip PDF Professional memperoleh hasil uji validitas materi sebesar 90%, hasil uji validitas bahasa sebesar 90%, dan hasil uji validitas media sebesar 95%. Sedangkan pada hasil uji praktikalitas respon guru memperoleh hasil sebesar 92,5%, dan hasil uji praktikalitas respon peserta didik memperoleh hasil sebesar 93,69%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berupa e-modul berbasis Flip PDF Professional pada materi jaring-jaring bangun ruang sederhana (kubus dan balok) di kelas V sekolah dasar telah valid dan praktis digunakan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAriani, YettiUNSPECIFIED
CorrectorNingsih, YarisdaUNSPECIFIED
CorrectorArwin, ArwinUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: E-MODUL, Flip PDF PROFESSIONAL
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 13 Mar 2023 03:50
Last Modified: 13 Mar 2023 03:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42890

Actions (login required)

View Item View Item