Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Cooperative Learning tipe Talking Stick Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas IV SDN 10 Lubuk Begalung Padang.

Indriyani, Fitria (2022) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Cooperative Learning tipe Talking Stick Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas IV SDN 10 Lubuk Begalung Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_FITRIA_INDRIYANI_18129259_2321.pdf

Download (417kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar peserta didik yang belum maksimal serta guru masih mendominasi dalam proses pembelajaran dibandingkan peserta didik. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Cooperative Learning tipe Talking Stick di sekolah dasar . Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik menggunakan model Cooperative Learning tipe Talking Stick. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitaif. Dilaksanakan dalam dua siklus, tiga kali pertemuan. Subjek penilitian adalah guru dan peserta didik yang berjumlah 27 orang terdiri dari 16 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Instrumen penelitian ini lembar analisis dokumen, observasi, tes dan non tes.. Hasil penelitian RPP siklus I rata-rata 83,4% kualifikasi Baik (B), siklus II dengan rata-rata 97,2 % kualifikasi Sangat Baik (SB). Hasil pengamatan aspek guru siklus I rata-rata 83,4% dengan kualifikasi Baik (B), siklus II rata-rata 97,2% kualifikasi Sangat Baik (SB). Hasil pengamatan aspek peserta didik siklus I rata-rata 83,4% kualifikasi Baik (B), siklus II rata-rata 97,2% kualifikasi Sangat Baik (SB). Hasil belajar peserta didik siklus I memperoleh nilai rata-rata 79,77 pesentase ketuntasan 74,1%, siklus II nilai rata-rata 89,4 persentase ketuntasan 96,2%. Dapat disimpulkan bahwa model Cooperative Learning tipe Talking Stick dapat meningkatkan hasil pembelajaran tematik terpadu di Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMansurdin, MansurdinUNSPECIFIED
CorrectorArwin, ArwinUNSPECIFIED
CorrectorMasniladevi, MasniladeviUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Nurismen S.Sos
Date Deposited: 08 Mar 2023 03:00
Last Modified: 08 Mar 2023 03:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42737

Actions (login required)

View Item View Item