Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Guided Note Taking di Kelas V SDN 17 Manggis Ganting Kota Bukittinggi

Riska, Miftahul (2022) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Guided Note Taking di Kelas V SDN 17 Manggis Ganting Kota Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_MIFTAHUL_RISKA_18129156_6435_2022.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran tematik terpadu yang belum berjalan dengan semestinya, baik dari segi guru maupun peserta didik. Sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar peserta didik kelas V SDN 17 Manggis Ganting kota Bukittinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Guided Note Taking. Penelitian ini bermanfaat untuk memberikan inovasi dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masingmasing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik di kelas V SDN 17 Manggis Ganting Kota Bukittinggi yang berjumlah 26 orang , 15 peserta didik laki- laki, dan 11 peserta didik perempuan. Hasil penelitian dilihat dari aspek Rencana Pelaksanaan Pembelajaran siklus I diperoleh rata-rata 77,5% dengan kualifikasi C (Cukup), meningkat pada siklus II menjadi 94% dengan kualifikasi SB (Sangat Baik). Pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru siklus I rata-rata 78,5% dengan kualifikasi C ( Cukup), meningkat pada siklus II menjadi 92% dengan kualifikasi A (Sangat Baik). Pada aktivitas peserta didik siklus I rata-rata 78,5%, dengan kualifikasi C (Cukup), meningkat pada siklus II menjadi 92% dengan kualifikasi A (Sangat Baik). Hasil belajar peserta didik siklus I diperoleh rata-rata 66,74 dengan kualifikasi D (Kurang), dan meningkat pada siklus II menjadi 83,80% dengan kualifikasi B ( Baik). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Model Guided Note Taking dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYunisrul, YunisrulUNSPECIFIED
CorrectorAlwi, Nur AzmiUNSPECIFIED
CorrectorAnita, YesiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 17 Jan 2023 02:30
Last Modified: 17 Jan 2023 02:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41754

Actions (login required)

View Item View Item