Pengembangan Model Problem Based Learning pada Materi Gaya dan Energi Terintegrasi Matematika Berbasis Web untuk Meningkatkan Literasi Sains Mahasiswa PGSD

Insani, Mesi Yulia Sri (2022) Pengembangan Model Problem Based Learning pada Materi Gaya dan Energi Terintegrasi Matematika Berbasis Web untuk Meningkatkan Literasi Sains Mahasiswa PGSD. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_Mesi_Yulia_Sri_Insani_20124019_4289_2022.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Kemampuan literasi sains dibutuhkan untuk menghadapi tantangan globalisasi. Namun, banyak calon guru sekolah dasar yang masih rendah kemampuan proses sainsnya. Salah satu upaya memperbaiki kemampuan proses sains melalui penerapan model pembelajaran Problem-Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan model Problem Based Learning, dan mengetahui respon mahasiswa terhadap proses pembelajaran tentang sains terintegrasi matematika yang telah dilaksanakan. Subjek penelitian ini adalah 32 mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP UNP. Penelitian ini menggunakan prosedur pengembangan Plomp yang meliputi: yaitu : 1) preliminary research phase, 2) development and prototyping phase, dan 3) assessment phase. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes evaluasi, penyebaran angket, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar gaya dan energi terintegrasi matematika menggunakan web berbasis model problem-based learning yang dikembangkan valid dan praktis. Berdasarkan perhitungan hasil validasi dari tiga ahli pada aspek isi yaitu 96 % dengan kategori sangat valid. Dan perhitungan hasil validasi dua ahli pada aspek desain yaitu 91,5% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil analisis angket praktikalitas, diperoleh nilai praktikalitas sebesar 83,76% dengan kategori sangat praktis. Mengukur efektivitas bahan ajar menggunakan tes yang sudah divalidasi dan sudah di ujicoba terlebih dahulu. Setelah mendapat nilai pretest dan posttest dapat diketahui keefektivan penggunaan bahan ajar pada kelas eksperimen yaitu dengan menggunakan rumus N-Gain. Dari hasil perhitungan dapat disimpulkan bahwa N Gain Score Kelas Kontrol adalah 0,17 merupakan kategori rendah, karena G < 0,3. Dan untuk persentasenya 17,1 % merupakan kategori tidak efektif karena score < 40 %. Hasil perhitungan N Gain Score Kelas Eksperimen adalah 0,7145 merupakan kategori tinggi, karena G > 0,7. Dan untuk persentasenya 70,03 % merupakan kategori cukup efektif. Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Problem-Based Learning berbasis web dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan literasi sains mahasiswa pada materi gaya dan energi.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFitria, YantiUNSPECIFIED
CorrectorYerizon, YerizonUNSPECIFIED
CorrectorYeni J,, FetriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 09 Dec 2022 03:21
Last Modified: 09 Dec 2022 03:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41226

Actions (login required)

View Item View Item