Implementasi Kurikulum 2013 Terhadap Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Indonesa Kelas XI SMAN 1 Gunung Talang

Sari, Meisi Dwi Rahma (2022) Implementasi Kurikulum 2013 Terhadap Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Indonesa Kelas XI SMAN 1 Gunung Talang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_MEISI_DWI _RAHMA_SARI_18016076_4515_2022.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan hal-hal berikut. Pertama, bagaimana Implementasi Kurikulum 2013 Terhadap komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas XI SMAN 1 Gunung Talang. Kedua, bagaimana relevansi antar komponen dalam penyusunan RPP Bahasa Indonesia Kelas XI SMAN 1 Gunung Talang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data kualitatif akan diperoleh dari hasil teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Data kualitatif ini nantinya berupa kata-kata yang dikumpulkan dari penjabaran RPP yaitu melalui pendeskripsian rumusan indikator, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian hasil belajar 2013 serta relevansi antar komponen tersebut dalam pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas XI SMAN 1 Gunung Talang. Data dianalisis dengan melakukan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, implementasi kurikulum 2013 terhadap komponen RPP dalam penelitian ini menunjukkan keoperasionalan indikator, kesesuaian tujuan pembelajaran, dan kegiatan pembelajarannya secara keseluruhan sudah memenuhi Kompetensi Dasar dan indikator, berdasarkan materi pelajaran dan penilaian hasil belajarnya sudah cukup baik namun masih terdapat beberapa kekurangan seperti pada materi pelajaran teks prosedur masih belum mencukupi dan kurang sesuai, Kedua, relevansi antar komponen dalam penyusunan RPP secara keseluruhan sudah sangat relevan dan sesuai dengan kompetensi dasar yang diinginkan. RPP 3.1 dan 4.1 memperlihatkan komponen RPP sudah relevan dan sudah memenuhi kompetensi yang diinginkan dengan perolehan skor 68,75%. RPP 3.2 dan 4.2 memperlihatkan komponen RPP sudah relevan dan sudah memenuhi kompetensi yang di inginkan dengan perolehan skor 75%. RPP 3.3 dan 4.3 memperlihatkan komponen RPP sudah sangat relevan dan sudah nemenuhi kompetensi yang diinginkan dengan skor 81,25 %. RPP 3.4 dan 4.4 memperlihatkan komponen RPP sudah sangat relevan dan sudah memenuhi kompetensi yang diinginkan dengan jumlah skor 87,5%. RPP 3.5 dan 4.5 memperlihatkan komponen RPP sudah sangat relevan dan sudah nemenuhi kompetensi yang di inginkan dengan skor 100%. RPP 3.6 dan 4.6 memperlihatkan komponen RPP sudah sangat relevan dan sudah nemenuhi kompetensi yang di inginkan dengan skor 100%. RPP 3.7 dan 4.7 memperlihatkan komponen RPP sudah sangat relevan dan sudah nemenuhi kompetensi yang di inginkan dengan skor 97,75 %. RPP 3.8 dan 4.8 memperlihatkan komponen RPP sudah sangat relevan dan sudah nemenuhi kompetensi yang di inginkan dengan skor 100%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 15 Nov 2022 03:00
Last Modified: 15 Nov 2022 03:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41059

Actions (login required)

View Item View Item