Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap Keterampilan Menulis Teks Fabel Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Gunung Talang

Fadhila, Dini Isratil (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap Keterampilan Menulis Teks Fabel Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Gunung Talang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_DINI_ISRATRIL_FADHILA_18016013_4138_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 2 Gunung Talang sebelum menggunakan model cooperative integrated reading and composition. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis fabel siswa kelas VII SMP Negeri 2 Gunung Talang sesudah menggunakan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition. Ketiga, mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran cooperative integrated reading and composition terhadap keterampilan menulis teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 2 Gunung Talang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah one group pretest and posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Gunung Talang yang terdaftar tahun pelajaran 2022/2023 sebanyak 272 orang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 orang siswa yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Variabel penelitian ini adalah keterampilan menulis teks fabel sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition siswa kelas VII SMP Negeri 2 Gunung Talang. Data dianalisis dengan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, dan uji-t. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes menulis teks fabel sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition. Hasil penelitian ini ada tiga, yaitu sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks fabel sebelum menggunakan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition siswa kelas VII SMP Negeri 2 Gunung Talang berada pada kualifikasi Cukup (C) dengan rata-rata 64,58. Kedua, keterampilan menulis teks fabel sesudah menggunakan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition siswa kelas VII SMP Negeri 2 Gunung Talang berada pada kualifikasi Baik (B) dengan rata-rata 82,22. Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf signifikan 95% dan derajat kebebasan (dk) = n - 1 karena thitung>ttabel, yaitu 6,94> 1,70. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, keterampilan menulis teks fabel sebelum menggunakan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition siswa kelas VII SMP Negeri 2 Gunung Talang berada pada kualifikasi Cukup (C) dengan rata-rata 64,58. Kedua, keterampilan menulis teks fabel sesudah menggunakan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition siswa kelas VII SMP Negeri 2 Gunung Talang berada pada kualifikasi Baik (B) dengan rata-rata 82,22. Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition terhadap keterampilan menulis teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 2 Gunung Talang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 09 Nov 2022 07:49
Last Modified: 09 Nov 2022 07:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40979

Actions (login required)

View Item View Item