Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Di Kelas IV SDN 063 Mompang Jae Kecamatan Panyabungan Utara Mandailing Natal

Sibuea, Anni Kholilah (2022) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Di Kelas IV SDN 063 Mompang Jae Kecamatan Panyabungan Utara Mandailing Natal. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_ANNI_KHOLILAH_ SIBUEA_15129003_1770_2022.pdf

Download (661kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah dalam pelaksanaan pembelajaran yang menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik Hal ini Guru belum mampu menstimulasi peserta didik dalam memaksimalkan pengembangan model pembelajaran yang inovatif dan kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam memecahkan masalah terkait penerapan konsep-konsep yang pelajari ke dalam dunia nyata. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan peningkatan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dikelas IV SDN 063 Mompang Jae. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah guru dan 20 peserta didik yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus I dilaksanakan 2x pertemuan dan siklus II dilaksanakan 1 x pertemuan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan,dan refleksi. Data diperoleh melalui hasil pengamatan, sedangkan sumber data diperoleh saat proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: a) siklus I pada aspek RPP memperoleh rata-rata persentase 77,77 % (C), pada siklus II menjadi 94,44 % (A). b) Pelaksanaan aspek guru pada siklus I diperoleh 75,89% (C) meningkat pada siklus II menjadi 96,64 % (A). c) Penilaian aspek peserta didik pada siklus I memperoleh rata-rata 68,75 (D), pada siklus II menjadi 96,64 %. d) Hasil belajar peserta didik pada aspek pengetahuan memperoleh rata-rata 62,61 predikat (D) kemudian meningkat pada siklus II menjadi 90, 16 predikat (A). Dengan demikian disimpulkan bahwa. Sangat diperlukan bagi pihak guru menerapkan model-model pebelajaran yang baru sebagai upaya untuk mendapatkan hasil belajar yang lebih maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 03 Nov 2022 02:49
Last Modified: 03 Nov 2022 02:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40841

Actions (login required)

View Item View Item