Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Kincir Pintar Bagi Anak Tunagrahita Ringan ( Single Subject Research kelas VI di SLB N 1 Ranah Pesisir )

Firdianza, Oldy (2022) Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Kincir Pintar Bagi Anak Tunagrahita Ringan ( Single Subject Research kelas VI di SLB N 1 Ranah Pesisir ). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_OLDY_FIRDIANZA_17003098_929_2022.pdf

Download (841kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Kincir Pintar Bagi Anak Tunagrahita Ringan ( Single Subject Research kelas VI di SLB N 1 Ranah Pesisir ). Peneliti melakukan pengamatan pada satu kelas VIC terlihat ada seorang siswa berinisian SM yang masih kesulitan dalam membaca. Seperti membaca teks narasi "benda-benda disekitar", berawalan huruf "a"yang mana terdiri dari kata apcl, atap, apar, dan lain. Agar siswa bisa membaca, maka dimulai dari membaca suku kata berpola VK-VK(vokal konsonan-vokal konsonan) terlebih dahulu. Penelitian ini adalah penelitian SSR (Single Subject Research) atau penelitian subjek tunggal, dengan menggunakan desain A-B-A. Kondisi baseline awal (Al) yaitu kemampuan membaca permulaan subjek belum diberikan perlakuan. Kondisi intervensi (B) pada kondisi ini subjek diberikan perlakuan dengan menggunakan media kincir pintar. Dan baseline akhir (A2) kemampuan subjek setelah diberikan perlakuan atau intervensi. Target behavior pada penelitian ini adalah kemampuan membaca permulaan suku kata berpola VK-VK (vokal konsonan-vokal konsonan). Teknik analisi data dalam penelitian ini menggunakan anlisis visual dan gra:fik (Visual Analisis Of Grafic Data). Pada kondisi baseline awal (Al) kondisi awal membaca permulaan suku kata berpola VK-VK (vokal konsonan-vokal konsonan) dengan mean level 0, kondisi intervensi (B) mean level 80 dan pada kondisi baseline akhir (A2) dengan mean level 80. Basil analisi data dalam kondisi dan antar kondisi memiliki estimasi kecenderungan arah, kecenderungan stabilitas, jejak data dan pembahan level yang menunjukkan peningkatan membaca permulaan suku kata berpola VK-VK (vokal konsonan-vokal konsonan) menggunakan media kincir pintar yaitu meningkat atau positif dengan persentase kecenderungan stabilitas 100%. Persentase overlap data pada kondisi baseline awal (Al) 12%, dan kondisi baseline akhir (A2) 12%. Dengan hasil yang didapatkan media kincir pintar dapat Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Kincir Pintar Bagi Anak Tunagrahita Ringan ( Single Subject Research kelas VI di SLB N 1 Ranah Pesisir ). Peneliti merekomendasikan kepada guru menggunkan media kincir pintar untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak tunagrahita ringan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 02 Nov 2022 01:44
Last Modified: 02 Nov 2022 01:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40793

Actions (login required)

View Item View Item