Efektvitas Model Explicit Intruction dalam Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Hiasan Dinding bagi Anak Tunarungu di SLBN 2 Padang (Pre-Eksperimental Design Kelas X di SLBN 2 Padang)

Amelia, Kiki Frizka (2022) Efektvitas Model Explicit Intruction dalam Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Hiasan Dinding bagi Anak Tunarungu di SLBN 2 Padang (Pre-Eksperimental Design Kelas X di SLBN 2 Padang). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_KIKI_FRISKA_AMELIA_16003104_885_2022.pdf

Download (765kB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah untuk melihat kemampuan vokasional membuat hiasan dinding bagi anak tunarungu di SLBN 2 Padang. Permasalahan yang ditemukan yaitu anak belum mampu membuat hiasan dinding yang sebelumnya memang belum pernah diajarkan kepada anak. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa model explicit instruction efektif dalam meningkatkan keterampilan vokasional membuat hiasan dinding bagi anak tunarungu kelas X di SLB Negeri 2 Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperiment dengan bentuk pre-eksperimental design, dengan jenis one group pretest-posttet. Subjek penelitian ini terdiri dari lima orang siswa. Penelitian ini terdiri dari beberapa tahapan yaitu tahapan awal untuk mengetahui nilai anak sebelum diberikan perlakuan (pre-test) tahapan kedua yaitu pemberian perlakuan (treatment) dalam keterampilan membuat hiasan dinding bagi anak tunarungu dengan menggunakan model explicit instruction, selanjutnya tahapan ketiga yaitu tes terakhir untuk mengetahui seberapa jauh akibat dari treatment yang sudah diberikan (post-test). Nilai daripre-test danpost-test diolah serta dibandingkan dengan menggunakan Uji Wilcoxon Rank Test untuk menguji hipotesis penelitian. Berdasarkan hasil pre-test dan post-test diketahui nilai rata-rata pre-test 16,80 dan nilai rata-rata post-test 90. Nilai rata-rata diolah untuk dicari perbedaannya dengan menggunakan Uji Wilcoxon Rank Test. Dari hasil analisis data diperolah Zhitung = 2.02 dan Ztabel = 1.96 pada taraf signifikan 5% dan a = 0,05. Hipotesis alternatif diterima karena Zhitung > Ztabel. Jadi dapat disimpulkan bahwa explicit instruction efektif dalam meningkatkan keterampilan vokasional membuat hiasan dinding bagi anak tunarungu di SLBN 2 Padang. Hasil penelitian ini sekiranya dapat menjadi bahan pertimbangan bagi guru agar dapat menggunakan model explicit instruction dalam meningkatkan keterampilan vokasional anak khususnya dalam mengerjakan cara membuat hiasan dinding.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 02 Nov 2022 01:44
Last Modified: 02 Nov 2022 01:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40792

Actions (login required)

View Item View Item