Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Sparkol Videoscribe di Kelas V Sekolah Dasar

Putri, Sherly Altissa (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Sparkol Videoscribe di Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_SHERLY_ALTISSA_PUTRI_171299411_2466_2022.pdf

Download (745kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena media pembelajaran memiliki peranan penting dalam pelaksanaan pembelajaran. Berdasarkan study pendahuluan diketahui bahwa dalam pembelajaran guru belum menggunakan media pembelajaran yang inovatif, karena masih menggunakan papan gambar saat pembelajaran tatap muka dan saat pembelajaran daring atau online media pembelajaran cenderung menggunakan media berupa video pembelajaran dari papan tulis kelas. Sehingga peserta didik kurang tertarik dan sulit mamahami materi pembelajaran. Penelitan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran tematik terpadu berbasis Sparkol VideoScribe di kelas V Sekolah Dasar yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan Model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE terdiri dari lima tahap dalam pengembangannya, yaitu analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development), penerapan (implementation), dan evaluasi (evaluation). Pengumpulan data menggunakan lembar validasi, angket respon dan lembar evaluasi. Lembar validasi terdiri dari lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli kegrafikan, dan lembar validasi ahli media. Angket respon terdiri dari angket respon guru dan angket respon peserta didik. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah 22 orang peserta didik yang terdiri dari 8 orang laki-laki dan 14 orang perempuan siswa di kelas V SDN 27 Kampung Jua Kota Padang. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran yang dikembangkan memperoleh tingkat validitas 90% dengan kategori sangat valid. Hasil angket respon menunjukkan bahwa media pembelajaran telah sangat praktis dengan hasil angket respon guru memperoleh sebesar 87,5%. Sedangkan hasil angket respon peserta didik dengan presentase sebesar 91.28%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelaj aran tematik terpadu berbasis Sparkol VidecScribe di kelas V SD telah dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 28 Oct 2022 03:12
Last Modified: 28 Oct 2022 03:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40723

Actions (login required)

View Item View Item