Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together di Kelas IV SDN 01 Koto Tangah Smalanggang Kecamatan Payakumbuh

Sari, Gusnining Widia (2022) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together di Kelas IV SDN 01 Koto Tangah Smalanggang Kecamatan Payakumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_GUSNINING_WIDIA_SARI_17129332_3859_2022.pdf

Download (651kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi belum terlaksananya secara maksimal proses pembelajaran tematik terpadu. Dapat dilihat dari guru yang masih mendominasi dalam proses pembelajaran sehingga pembelajaran berpusat pada guru. Hal ini berakibat pada peserta didik yang hanya mendengarkan pembelajaran berlangsung, peserta didik belum terlibat secara aktif, peserta didik tampak tidak tertarik mengikuti pembelajaran, dan peserta didik dalam menyelesaikan tugas secara berkelompok masih belum menunjukkan kerjasama yang baik. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model kooperatif tipe Numbered Head Together. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari I pertemuan. Pada setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas IV SDN O 1 Koto Tangah Simalanggang denganjumlah 22 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan pengamatan RPP siklus I dengan rata-rata 72,83% (cukup) dan siklus II dengan rata-rata 83.33% (baik). Ini juga terlihat dari aspek guru siklus I dengan rata-rata 73,61% (cukup) dan siklus II dengan rata-rata 94,44% (sangat baik). Aspek peserta didik siklus I dengan rata- rata 73,61% (cukup) dan siklus II dengan rata-rata 94,44% (sangat baik). Hasil belajar peserta didik pada siklus I dengan rata-rata 77,1 dan siklus II rata-rata 85.35. Dengan demikian hasil belajar peserta didik pada tematik terpadu meningkat dengan menggunakan model kooperatiftipe Numbered Head Together

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 26 Oct 2022 01:56
Last Modified: 26 Oct 2022 01:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40622

Actions (login required)

View Item View Item