Pengembangan Media Pembelajaran Elearning Center Berbasis Web dengan Penerapan Metode Drill dalam Pembelajaran Matematika Kelas VIII

Mustapa, Zukri Nur (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Elearning Center Berbasis Web dengan Penerapan Metode Drill dalam Pembelajaran Matematika Kelas VIII. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_ZUKRI_NUR_MUSTAPA_1303912_3679_2022.pdf

Download (353kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas,praktikalitas dan efektivitas media pembelajaran elearning center berbasis web dengan penerapan metode drill dalam pembelajaran matematika kelas VIII SMP Negeri 1 Ranah Pesisir. Media elearning center inidikembangkan dengan metode Research and Development dengan prosedur pengembangan four-D. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif yaitu dengan mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media elearning center berbasis web. Hasil yang diperoleh dari penelitian pengembangan ini bahwa validitas pada aspek media dinyatakan sangat valid dengan skors 90.62%, serta pada aspek materi dinyatakan sangat valid dengan skors 92.80% Dengan nilai mean pembelajaran konvensional 70.62 < elearning center berbasis web dengan penerapan metode drill 85.37, Secara deskriptif terdapatnya perbedaan rata-rata hasil belajar. Dalam perbandingan hasil belajar pada kelas yang sama namun perlakuan berbeda maka di uji dengan Paired Sample T-test, hasil uji paired sample corelations didapatkan nilai (Correlation) sebesar 0.964 dan Signifikansi 0.000 < 0.05 dalam artian terdapat hubungan antara variabel pembelajaran konvensional dengan variabel elearning center berbasis web dengan penerapan metode drill. Untuk nilai Sig.(2- tailed) pada output Paired Sample Test didapatkan nilai sebesar 0.000 dalam artian terdapat pengaruh dalam penerapan pembelajaran menggunakan elearning center berbasis web dengan penerapan metode drill. Untuk melihat seberapa besar pengaruh efektifitas elearning center berbasis web dengan penerapan metode drill terhadap hasil belajar siswa maka dihitung menggunakan ngain scores dengan mendapatkan nilai sebesar 57.6 % artinya kategori efektivitas ngain scores berada pada interval 56 sampai 75 dengan arti bahwa media pembelajaran elearning center berbasis web dengan penerapan metode drill cukup efektiv dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII 1 SMP negeri 1 Ranah Pesisir dengan tingkat kepercayaan 95%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
T Technology > TI Technology Information, Computer
Divisions: Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 25 Oct 2022 07:26
Last Modified: 25 Oct 2022 07:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40620

Actions (login required)

View Item View Item