Pengembangan Informational Book Untuk Pengenalan Budaya Minangkabau Melalui Makanan Khas Pesisir Selatan Bagi Anak Usia Dini

Wahyuni, Syartika Sri (2022) Pengembangan Informational Book Untuk Pengenalan Budaya Minangkabau Melalui Makanan Khas Pesisir Selatan Bagi Anak Usia Dini. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_SYARTIKA_SRI_WAHYUNI_19330029_5466_2022.pdf

Download (465kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa hal yang ditemukan peneliti pada observasi awal. Rendahnya pengetahuan anak dalam mengenali budaya lokal yang ada di lingkungan sekitar khususnya tentang budaya Minangkabau yaitu makanan khas Pesisir Selatan. Hal ini disebabkan munculnya berbagai makanan cepat saji seperti kebab, burger dan Kentucky Fried Chicken (KFC). Sehingga anak tidak mengenal makanan khas daerahnya sendiri akibat kencangnya konsep modernisasi yang turut memberikan pengaruh terhadap budaya yang ada di lingkungan sekitar. Selain itu, saat proses pembelajaran yang berlangsung di sekolah guru tidak menggali makanan-makanan yang menjadi bagian dari budaya Pesisir Selatan yang dekat dengan lingkungan anak sendiri. Kebutuhan anak akan adanya media pembelajaran masih kurang bervariasi dan dan kurang menarik, seperti saat pembelajaran tidak adanya media yang konkrit, sehinga kemampuan anak dalam mengenal budaya tidak berkembang dengan baik. Tujuan dari penelitian yaitu menghasilkan produk berupa informational book untuk pengenalan budaya Minangkabau melalui makanan khas Pesisir Selatan bagi anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan model ADDIE, yakni dengan analysis, design, development, implementation dan evaluation. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi dan wawancara yang dilakukan di Taman Kanak-kanak IT Pelita Cendikia Koto Raya, observasi yang dilakukan di kelas B2 dengan jumlah 15 orang anak, peneliti juga melakukan wawancara kepada satu orang pendidik di kelas B2, kemudian pengumpulan data juga menggunakan angket untuk uji validitas, uji praktikalitas dan uji efektivitas serta dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif yakni analisis statistik deskriptif dengan validasi skala likert. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pengembangan informational book untuk pengenalan budaya Minangkabau melalui makanan khas Pesisir Selatan bagi anak usia dini dinyatakan sangat valid oleh para ahli seperti, validasi ahli konten/ materi dengan persentase 83%, validasi ahli media (desain, layout & editor) dinyatakan sangat valid dengan persentase 92%, dan validasi ahli bahasa dinyatakan sangat valid dengan persentase 89%. Untuk hasil praktikalitas pengembangan informational book untuk pengenalan budaya Minangkabau melalui makanan khas Pesisir Selatan dinyatakan sangat praktis, dengan hasil persentase praktikalitas 94%. Untuk hasil persentase efektivitas anak diperoleh 93% yang dinyatakan sangat efektif. Dapat disimpulkan bahwa informational book untuk pengenalan budaya Minangkabau melalui makanan khas Pesisir Selatan dinyatakan sangat valid, sangat praktis dan sangat efektif bagi anak usia dini.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
R Medicine and Food > Food General
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini-S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 25 Oct 2022 03:46
Last Modified: 25 Oct 2022 03:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40605

Actions (login required)

View Item View Item