Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Pendekatan Value Clarification Technique (VCT) Model Matriks pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SDN 33 Koto Taratak, Pesisir Selatan

Irma, Dona Fitria (2022) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Pendekatan Value Clarification Technique (VCT) Model Matriks pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SDN 33 Koto Taratak, Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_DONA_FITRIA_IRMA_18129008_3726_2022.pdf

Download (830kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya kesenjangan antara harapan dan kenyataan yang ditemukan dalam pembelajaran. Kenyataan yang ditemukan belum tercapainya kompetensi yang yang diharapkan dari hasil belajar peserta didik baik dari aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan. Adapun harapan pembelajaran berupaya untuk meningkatkan hasil belajar dari aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan pendekatan VCT Model Matriks di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik menggunakan pendekatan Value Clarification Technique (VCT) Model Matrik di kelas V SDN 33 Koto Taratak, Pesisir Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitaif. Dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiga kali pertemuan meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik yang berjumlah 1 7 orang terdiri dari 8 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. Hasil persentase penilaian RPP pada siklus I pertemuan I 7 5% kualifikasi (C), siklus I pertemuan II 86,1% kualifikasi (B) pada siklus II dengan persentase 97,2% kualifikasi (SB). Hasil persentase pengamatan pada aspek guru siklus I pertemuan I 71,8% kualifikasi (C), siklus I pertemuan II 84,3% kualifikasi (B), pada siklus II dengan persentase 93,7% dengan kualifikasi (SB). Hasil persentase pengamatan pada aspek peserta didik siklus I pertemuan I 71,8% kualifikasi (C), siklus I pertemuan II 84,3% kualifikasi (B), pada siklus II dengan persentase 93,7% dengan kualifikasi (SB). Penilaian sikap siklus I dikategorikan (Baik) dan di siklus II dikategorikan (Sangat Baik). Hasil belajar peserta didik pada siklus I pertemuan I memperoleh nilai rata-rata 66,8 dengan pesentase ketuntasan 47, 1 %, siklus I pertemuan II nilai rata-rata 78, 1 dengan persentase ketuntusan 70,6%, pada siklus II dengan nilai rata-rata 89,4 persentase ketuntasan 94,1%. Dapat disimpulkan pada penelitian bahwa pendekatan Value Clarification Technique (VCT) Model Matriks dapat meningkatkan hasil pembelajaran tematik terpadu dikelas V Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 24 Oct 2022 06:50
Last Modified: 24 Oct 2022 06:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40580

Actions (login required)

View Item View Item